cara membedakan oli honda asli dan palsu

Daftar Isi

Oli merupakan sesuatu yang sangat penting dimana cairan ini bertujuan melumasi semua parts di dalam penggerak kendaraan. Jika kualitas pelumas tidak bagus, terlalu kental atau terlalu encer misalnya, komponen mesin bisa jadi hancur & kerusakan yang dihasilkan bisa melebihi 10x harga pelumas itu sendiri. Yang lebih parah, nyawa Anda bisa jadi taruhannya.

cara membedakan oli honda asli dan palsu

Macam-macam Oli Mesin Honda

Terdapat 4 macam oli mesin yaitu:

  1. E-pro Green
  2. E-pro Blue
  3. E-pro Gold
  4. E-pro Turbo

Masing-masing memiliki tingkat viskositas yang berbeda-beda sesuai standard internasional. Kita tidak akan membahas spesifikasi tiap oli di artikel ini.

Kali ini kita akan membahas cara membedakan oli Honda asli dan palsu & sebagai contoh saya akan menggunakan E-pro Blue.

3 Cara Membedakan Oli Honda Asli dan Palsu dengan Sekejap

  1. Membandingkan kode unik dus dengan galon. Jika ori maka kedua barang memiliki kode unik yang sama.
    Seperti tertera di Gambar 1, terdapat kode unik “210218DN1B24”. Jika dilihat di Gambar 2, terdapat kode unik yang sama persis tepat di dekat tutup botol di bagian belakang galon. Kodel unik di galon ini tidak selalu berada diposisi yang sama. Namun, sejak tahun 2021 pelumas mesin ori ini dilengkapi dengan kode unik guna mengurangi pemalsuan. Jika Anda tidak dapat menemukan kode ini di galon, mungkin oli ini adalah keluaran lama atau bisa jadi palsu.
Gambar 1. Kardus galon
Gambar 2. Galon oli asli tampak belakang
  1. Memeriksa kondisi printing stiker dan segel tutup galon.
    Kualitas warna printing barang original dealer sangat bagus atau terang. Selain itu jika Anda bandingkan part number antara stiker di galon bagian depan (Gambar 3) serta belakang, Anda akan menemui part number yang sama persis (dalam contoh kali ini karena kita mengambil contoh E-pro blue maka berupa “08234-P99-F4NN3”.

    Selain kondisi stiker, kondisi segel tutup galon juga sangat penting. Galon-galon produk palsu akan menggunalan segel yang tidak bundar rapi juga cenderung agak rusak. Gambar 4 di bawah menunjukkan kondisi segel tutup galon produk ori.
Gambar 3. Galon oli asli tampak depan
Gambar 4. Bentuk segel tutup galon produk original
  1. Melakukan scanning barcode di bagian belakang bawah galon. Jika asli maka kode akan terbaca di ponsel Anda.
    Scanning barcode bisa dilakukan menggunalan ponsel apapun (harus berupa androis atau iphone). Dalam contoh kali ini ponsel yang digunakan adalah Huawei P30, juga tidak ada aplikasi khusus yang dipakai. Hanya aplikasi bawaan kamera sudah cukup. Salah satu indikator barang ori adalah barcode ini bisa discan lalu akan menghasilkan teks berupa part number itu sendiri (Gambar 5).
Gambar 5. Hasil scan barcode berupa part number
  1. Tips terakhir: Cara membedakan oli honda asli dan palsu tanpa membuka segel atau tanpa melihat cairan pelumas itu sendiri paling gampang dengan melihat harga dealer resmi. Jika harga yang dijual terlampau jauh di bawah standard ini, produk jelas palsu!

Produk benar-benar ori dealer jika memenuhi keempat syarat di atas.


Demikian cara membedakan oli honda asli dan palsu tanpa membuka segel menurut pengalaman Bravo Motor. Semoga bermanfaat & bagikan artikel ini ke teman-teman agar tidak ada lagi yang kena tipu.