3 Pola Dasar Rotasi Ban

Pola Rotasi Ban yang Tidak Banyak Orang Paham

Share to

pola rotasi ban

Daftar Isi

Sebagai pemilik mobil, orang-orang ingin tahu harga spare part mobil ori, tetapi malas tahu cara merawat ban mobil. Lebih parah lagi tidak banyak yang tahu cara menggilir posisi ban mobil. Setiap kali kamu nyetir mobil, kamu mengurangi umur roda sedikit demi sedikit dengan keausan yang terjadi. Menggilir posisi ban dengan pola tertentu mampu memperpanjang umur ban mobil dengan demikian menyetir akan lebih aman.

Aus yang terjadi pada ban tidak akan merata dalam arti keempat ban akan aus secara bersama pada posisi yang sama dengan tingkat keparahan yang sama. Karet hitam bundar yang terletak di posisi tertentu ini (depan kanan misal) mungkin akan lebih cepat aus karena drivernya gendut (bercanda bro). Oleh karenanya, ban-ban ini harus dirotasi dengan pola sebagai berikut:

3 Patrun dalam Menggilir Roda Mobil

1. Forward Cross

Pola rotasi ban ini cocok untuk buat mobil front-wheel drive. Pindahkan kedua ban depan ke bagian belakang dengan sisi yang sama; ban belakang pindah ke bagian depan secara menyilang.

2. X-pattern

Pola rotasi ban lain yang bisa kamu terapkan di segala jenis mobil mulai dari front-wheel drive, rear-wheel drive sampai front wheel drive. Pindahkan ban secara menyilang seperti huruf "X"

3. Rearward Cross

Pola terakhir ini cocok untuk mobil real wheel drive sekaligus mobil four-wheel drive. Pola ini adalah kebalikan pola Forward Cross: ban-ban belakang pindah ke bagian depan dengan sisi yang sama; ban depan pindah ke bagian belakang secara menyilang

Dari kiri ke kanan: Forward Cross, X-pattern, dan Rearward Cross

PERHATIAN: jangan cuma ganti-ganti posisi ban tanpa beli ban yang berkualitas. Info di atas hanya sebagai pelengkap dan bukan yang utama. Yang paling utama dan mendasar adalah kualitas ban itu sendiri.

Jangan lupa bagikan artikel "3 Pola Dasar Rotasi Ban" ini di media sosial kamu ya!​

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

5 Tips Harga Mobil Bekas Honda Tetap Stabil

Hampir bisa dipastikan kalau harga mobil bekas Honda saat dijual pasti mengalami penurunan. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah harga mobil bekas Honda terjun bebas, solusinya adalah mengganti sparepart penting agar performa mobil bekas Honda milikmu bisa digunakan berkendara dengan nyaman, aman, dan dalam kondisi terbaiknya sehingga customer tidak akan sungkan membeli dengan harga berapapun. Penasaran 5 sparepart apa saja yang harus diganti agar mobil bekasmu terjual mahal? Yuk disimak ulasannya.​

Baca Lebih »

Ch.1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 2

Hoax kalau ada yang bilang belajar mekanisme mobil itu sulit. Di sini kamu bakal tahu seberapa mudahnya ditambah kalian bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di sini! Onderdil mobil Honda kamu rusak? Hubungi Bravo Motor 031-5324508!

Baca Lebih »

Ch. 1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 1

Tujuan mesin pembakaran dalam adalah memroduksi Daya Mekanis. Mesin mobil pada dasarnya terdiri dari 2 jenis. Apa saja jenis itu? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja istilah teknis dari permesinan? Temukan jawabannya hanya di Bravo Motor Blog!

Baca Lebih »