3 Cara Mengganti Sparepart Aki Mobil Mandiri Tanpa Montir

Daftar Isi

Sparepart Aki Mobil merupakan cadangan listrik yang paling utama, sebab bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan daripada listrik dalam mobil. Sparepart Aki Mobil yang sudah bermasalah tentu bisa sangat menghambat mobilitias kamu ketika sedang berkendara.

Aki mobil kalau tidak berfungsi dengan baik tentu akan menimbulkan sejumlah masalah, contohnya AC yang sudah menjadi tidak sejuk, lalu menurunnya performa mobil, lalu mesin menjadi cukup tidak stabil, dan bahkan dapat menyebabkan mesin mobil kamu tidak dapat menyala.

3 Cara Mengganti Sparepart Aki Mobil Mandiri Tanpa Montir
Aki Basah Mobil

Tidak Punya Waktu Banyak Untuk Bengkel? Lakukan Saja Penggantian Sparepart Aki Mobil Mandiri

Semua daripada permasalahan kelistrikan ini hanya bisa diatasi dengan cara segera mengganti aki mobil  yang lama menjadi aki baru. Tips ini tentu akan sangat membantu kamu pada saat kamu harus mengganti sparepart aki mobil tanpa perlu bantuan dari seorang montir.

Ada 3 tahap proses penggantian dari Sparepart Aki Mobil lama dengan penggantian yang baru, apa saja? Simak dibawah ini ya

1. Cara Melepas Aki Lama

Langkah awal yang wajib  kamu lakukan ialah melepas daripada aki mobil dengan cara yang benar. Supaya melepasnya lebih aman, lepaskan dulu kabel, baut kemudian klem pada kutub negatifnya, kemudian bisa kamu lanjutkan dengan kutub positifnya.Setelah semua dari kabel dan juga klem terlepas, angkat aki itu secara tegak lurus supaya cairan pada aki tidak tumpah.

Apa alasannya? Sebab jika kamu melepas daripada kabel bagian yang positif dulu supaya tidak terjadi hubungan sebuah arus pendek listrik yang dikarenakan oleh alat kerja jatuh ke terminal yang positif atau juga benda lainnya. Sedangkan kalau kamau mencabut kabel yang negatif dulu maka dengan sendirinya bisa memutuskan hubungan arus daripada listrik dalam bodi mobil jika terdapat sebuah benda logam atau benda lainnya yang jatuh pada kedua terminal  maka tentu tidak akan kamu mengalami sebuah masalah korsleting.

2. Pembersihan Bagian yang Berkarat

Langkah yang kedua ialah kamu bisa melakukan pemeriksaan dalam kabel juga klem aki. Jika  ada karat, gunakan sebuah cairan anti karat dalam membersihkannya atau juga kamu bisa menggosoknya supaya karat hilang. Karat juga berbagai kotoran menempel pada klem juga ujung kabel tentu nantinya akan menjadi isolator atau juga penghalang masuknya sebuah aliran listrik.

3. Cara Memasang Aki Baru

Langkah yang ketiga ialah memasangkan aki baru. Cara memasangkan aki baru ini berkebalikan dengan cara dalam mencopot aki lama. Letakkan aki ini pada dudukannya dengan tegak lurus, lalu pasang daripada kabel positifnya dulu, kemudian bisa kamu lanjutkan dengan cara memasang kabel yang negatif.

Hal ini dilakukan dalam mencegah timbulnya sebuah percikan api dalam kutub positif. Pastikan jika semua kabel juga klem sudah dapat terkunci sempurna. Setelah itu kamu bisa coba  untuk nyalakan mesin dari mobil kamu, jika semua sudah  berjalan baik, maka kamu bisa menutup kap mobil kemudian melanjutkan perjalanan.

Umumnya setelah memasang sebuah kabel positif lalu memasang kabel yang negatif di terminal aki, pastinyas nanti akan muncul sebuah percikan api ketika didekatkan dengan sebuah terminal.

Tapi tenang, kamu tidak usah merasa panik, sebab kalau kepala aki ini sudah dalam keadaan terpasang d sempurna maka sebuah percikan itu tidak akan lagi muncul. Kecuali kalau terjadi sebuah korsleting maka percikan akan terus menerus muncul percikan api dalam kutub negatif.

Nah itu dia cara untuk memasangkan Sparepart Aki Mobil mandiri tanpa seorang montir, mudah bukan? Semoga ulasan yang kami berikan bermanfaat untuk kamu ya!