Mengenal Spareparts Mobil OEM, OES Dan Aftermarket 2021

Daftar Isi

Spareparts mobil oem. Meski tidak terbatas pada mobil, Kamu mungkin pernah mendengar istilah “spare part”. Saat mobil Kamu berada di pusat servis dan perlu mengganti beberapa spare, kemungkinan besar Kamu akan mendengar jargon seperti spare part OEM dan OES. 

Pernah gak sih kamu bertanya-tanya apa itu sebenarnya OEM, OES, atau Aftermarket itu? 

Apa keuntungan menggunakan spare part asli? Bagaimana cara membedakan spare part palsu dan asli? Nah, ikuti terus pembahasan kami karena kami ingin membantu Kamu mendapatkan pengetahuan yang lebih baik mengenai semua yang perlu Kamu ketahui tentang spare part mobil .

spareparts mobil oem

Apa sparepart mobil OEM ?

Spareparts Mobil OEM atau Original Equipment Manufacturer dikembangkan oleh perusahaan yang sama yang membuat produk asli untuk pembuat mobil. Ambil contoh, unit lampu depan Maruti-Suzuki Dzire, yang diproduksi oleh pemasok spare part ternama; LUMAX. Unit lampu depan yang sama, ( tanpa logo MGA mobil ), diproduksi oleh LUMAX tersedia dari rak sebagai spare part OEM. 

Spareparts Mobil OEM adalah spare part asli tanpa merek pembuat mobil dan diproduksi menggunakan mesin dan presisi yang sama seperti aslinya, oleh karena itu, dijamin kesesuaian, hasil akhir, dan fungsi yang sempurna. Vendor juga menawarkan garansi spareparts mobil OEM.

Baca juga : perbandingan sparepart oem dan aftermarket

Apa Itu Spare Part Mobil OES ?

Spare part OES atau Original Equipment Supplier sama dengan spare part OEM dalam hal keaslian dan fungsinya. Perbedaan utamanya adalah spare part OES berasal dari banyak jalur perakitan yang berbeda dari OEM. Mereka mengikuti spesifikasi persis seperti OEM dan dikembangkan dengan presisi dan detail yang serupa. Tidak ada kompromi pada kualitas.

Untuk memastikan spare part masuk yang stabil dan konsisten, perusahaan mobil mengkamulkan beberapa pemasok untuk persyaratan ini. Setiap pemasok individu mengikuti prosedur manufaktur yang sama untuk menjaga kualitas dan dimensi rakitan yang identik. 

Misalnya, unit Headlamp OEM Maruti Suzuki Dzire yang aslinya dibuat oleh LUMAX juga tersedia oleh pabrikan OES; HELLA . Spare part OES hemat biaya tanpa mempertaruhkan kualitas.

Apa Perbadaan Spareparts Mobil Oem dan Aftermarket?

Spare part mobil aftermarket bersumber sebagai pengganti langsung spare part OEM dan OES. Biasanya, spare part aftermarket sangat beragam dalam hal harga dan kualitas memberikan alternatif yang lebih fleksibel dan hemat biaya untuk spare part OEM / OES.

Produsen spare part aftermarket; Brembo memproduksi komponen rem berkualitas tinggi seperti kaliper rem, bantalan rem, rotor rem dan dikenal dengan kualitas rakitannya yang superior.

Faktanya, spare part Aftermarket menawarkan lebih banyak variasi dan seringkali dengan mudah tersedia di toko yang tentu tersebat fimana mana. Kamu bahkan bisa mendapatkan spare part aftermarket khusus untuk mobil Kamu.

Kenali Ciri Sparepart Palsu

Waspadai spare part import / palsu. Spare part ini diproduksi menggunakan bahan yang lebih rendah dan prosedur yang meragukan. Spare part palsu tersebut terlihat dan terasa persis seperti OEM / OES dan dapat menyebabkan reaksi berantai kerusakan pada mobil.

Spare part palsu tidak dibuat sesuai spesifikasi mobil Kamu; yang dapat menyebabkan masalah mekanis dan kerusakan. Lebih buruk lagi, spare part mobil palsu dapat menyebabkan masalah keamanan yang besar.

Itu dia beberapa informasi mengenai jenis sparepart oem, oes dan aftermarket yang tentu kamu harus kenali supaya kamu bisa dengan lebih bijak dalam memilih jenis sparepart yang seperti apa yang terbaik untuk mobil kesayangan kamu. dan kamu tentu akan nyaman berkendara kemudian. Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa lagi dipembahasan yang berikutnya!