Seberapa Sering Ban Mobil Harus Diganti?

Berikut panduan mudahnya..

Share to

  • 2
    Shares

Seberapa sering ban mobil harus diganti

Daftar Isi

Memang faktanya ban mobil akan lebih cepat gundul dan rusak seiring dengan keseringan pemakaian mobil dan cara kamu menyetir mobil. Tapi ternyata ban mobil juga akan rusak dengan sendirinya lho.

Harga ban mobil tidaklah murah dan oleh karenanya kita kadang-kadang “pelit” mengganti alat penghubung daya dari transmisi ke jalan ini. Sering kali kita membiarkan ban ini aus sampai-sampai kawat-kawat isi ban menggesek panas jalan raya. Berputar sih bisa, tapi apakah aman? Tentunya tidak. Bahaya akan muncul bukan ke kamu saja, tapi ke pengguna jalan lain mulai dari pengendara sampai pejalan kaki, maupun warung-warung di pinggir jalan.

Singkat kata, penggantian ban mobil adalah sebuah keharusan sebelum kawat-kawat isi ban menggeliat keluar.

Memangnya Seberapa Sering Ban Mobil Harus Diganti?

Ada beberapa factor penting yang harus dipahami, diantaranya adalah 3 faktor sebagai berikut:

1. Berdasarkan Tread Wear Indicator (TWI)

TWI adalam Bahasa Indonesia secara harafiah berarti indicator pemakaian tapak ban atau dengan kata lain indicator keausan tapak ban. TWI ini mengelilingi ban dengan pola tertentu. Ketinggian (kedalaman) TWI adalah 1.6 mm dimana ini adalah diatur undang-undang secara legal.

Sumber: www.topgear.com.ph

Ya, “legal”. Di beberapa negara, jika seseorang terus menggunakan ban yang sudah aus, kemungkinan dia akan didenda. Lebih parah lagi, di negara-negara dimana peraturan tentang kelayakan ban diatur ketat, toko-toko penjual ban akan menyuruh seseorang dengan tegas untuk membeli ban baru jika didapat TWI ban itu sudah berada diambang bawah. Namun demikian, beberapa negara mengatur 1.5 mm sebagai standard TWI.

2. Berdasarkan Tanggal Kelayakan Guna Ban

Tanggal kelayakan guna atau expiration date juga bisa dijadikan acuan penggantian ban. Beberapa orang yang jarang nyetir di jalanan atau cuma punya mobil untuk pamer-pamer dan foto-foto di garasi, atau bisa juga mobil-mobil di etalase dealer resmi; jika menemukan kasus demikian, ban-ban mobil harus diganti berdasarkan tanggal kelayakan guna. Semakin banyak ban-ban yang tanggal kadaluarsanya pendek, semakin sering ban mobil harus diganti.

Beberapa pabrik ban mengklaim bahwa ban bisa bertahan selama 5 tahun jika disimpan di dalam tempat gelap dan sejuk. Beberapa ahli ban bahkan menyebutkan angka 10 tahun.

Sumber: www.topgear.com.ph

Umur sebuah ban dihitung dari tanggal manufakturnya, dimana tanggal ini tertera di bagian samping ban seperti ditunjukkan gambar di atas. Empat angka di belakang menunjukkan tanggal manufaktur: Dua angka di awal adalah pekan, sedang dua angka di belakang adalah tahun. Gambar di atas menunjukkan pekan ke delapan dari tahun 2019.

Kamu wajib catat tanggal manufaktur ban yang baru saja kamu beli

Beberapa toko ban pasti punya barang yang sudah mendekam bertahun-tahun di gudang - walaupun memang tidak pernah dipakai, ban itu sudah tua dan mungkin sudah lewat tanggal layak guna. Cobalah cari ban yang baru berumur beberapa bulan dari tanggal manufaktur.

3. Berdasarkan Performa Ban

Ban adalah alat penyambung daya mesin ke jalan. Semakin berat medan jalan, semakin menderita sebuah ban. Sebuah ban yang di pakai di medan jalan yang berat semakin lama akan semakin terasa kasar, berat, dan kaku. Sebaiknya kamu merasakan mengendarai mobil dengan ban baru sehingga kamu punya tolak ukur bagaimana halusnya sebuah ban baru. Dengan demikian, begitu mengendarai mobil dengan ban “tua”, kamu bakal langsung paham.

Performa ban juga merupakan indikator seberapa sering ban mobil harus diganti

Ada pula ban tua yang tapak ban nya masih bagus, entah kenapa tidak bisa di “balancing”. Jika kamu tidak bisa menghilangkan getaran walaupun setelah melakukan balancing dan mengganti system suspense, ini waktunya kamu ganti ban baru.

Kesimpulannya, berhati-hatilah dengan ban mobilmu. Periksa berkala ban-ban mobilmu dan lakukan balancing di toko ban terdekat.

Jangan lupa bagikan artikel "Seberapa Sering Ban Mobil Harus Diganti?" ini di media sosial kamu ya!​

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

Tiga Pola Dasar Rotasi Ban

Menggilir posisi ban dengan pola rotasi ban tertentu mampu memperpanjang umur ban mobil dengan demikian menyetir akan lebih aman. Apa saja pola-pola itu?

Baca Lebih »