Perbandingan Sparepart Mobil Aftermarket, OEM dan Palsu 2021

Daftar Isi

Sparepart mobil aftermarket. Sparepart yang terkenal di pasaran detik ini ternyata dikelompokkan jadi sejumlah kategori kalau dilihat dari sebuah merk produsennya. Dan jenis yang sangat umum dan dikenal oleh masyarakat yaitu, Aftermarket, OEM,dan Palsu.

Tapi taukah kamu  perbedaan yang paling mendasar pada masing-masing kategori dari sparepart? Tenang  buat kamu yang belum tau, kami akan membahas dan membagikan informasi mengenai perbandingan tiga jenis daripada sparepart yang tadi kami bahas. Simak aja nih ulasannya berikut di bawah ini!

Perbandingan Sparepart Mobil Aftermarket, OEM dan Palsu 2021

Jenis Umum dan Perbandingan Sparepart Mobil Aftermarket OEM dan Palsu

 1. Sparepart OEM (Original Equipment Manufacturer)

Pertama-tama mari  Kita membahas  jenis komponen dari mobil satu ini. Sesuai dengan namanya, Original atau asli dari pabrikannya yang tentu sengaja dijual guna mendukung sebuah layanan purna jual. Oleh sebab itu, kategori dari sparepart OEM ini mempunyai kualitas, material juga struktur yang mirip dengan yang ada dalam mobil kalian.

Sebagai contoh, pabrikan dari merek otomotif terkenal Honda ini menyediakan sparepart yang diperuntukan lini produknya merk HGP. Loh kok tidak dilabeli Honda juga ya? Begini, ketika pabrikan merakit kendaraan, gak semua komponen itu diproduksi sendiri. Supaya lebih efisien, sejumlah sparepart ini didapatkan melalui produsen lain kemudian dirakit atau juga dikemas juga dilabeli merk yang berbeda. Nah inilah Honda Genuine Sparepart.

Bagi orang yang awam, produk official atau resmi asal pabrikan mempunyai kualitas yang benar-benar bagus dan juga lebih awet. Hal ini memang ada juga benarnya, sebab tingkat dari presisinya benar-benar mirip dengan yang terpasang dalam mobil.

Namun tidak jarang pula sparepart ORI ini harganya di banderol lumayan mahal daripada sparepart dengan aftermarket atau non-performa. Kedua faktor itu menjadikan sebuah sparepart dengan jenis ini memang sering dipalsukan.

2. Produk Sparepart Mobil Aftermarket

Sparepart Mobil Aftermarket. Jenis sparepart satu ini bisa dibilang tandingan dari sparepart OEM. Dan setelah di perbandingan , jenis sparepart ini memiliki kualitas juga harga yang cukup berbeda daripada masing-masing brand. Mengenai bagus atau tidaknya sparepart ini dibandingkan produk ORI, tentu saja semuanya sangat relatif.

Tergantung daripada kalian mau memilih segmen dari spareparts performa juga non-performa. Tak sedikit Kamu memilih komponen jenis

Aftermarket ini untuk mendongkrak sebuah performa dari mobil kesayangan kamu.

Jika kamu ragu dengan kualitas sparepart mobil Aatermarket dari jenis ini, cek aja apa pihak dari manufacturer ini punya sertifikasi seperti Certified Automobile Spareparts Association ataupun nggak. Supaya mendapat sebuah sertifikasi ini, pengujian dilakukan bertujuan dalam memastikan bahwa semua komponen  setara secara fungsi dengan sparepart OEM.

Enaknya, sparepart jenis aftermarket ini memiliki banyak sekali model juga harga yang sangat kompetitif dari spareparts orisinil. Terlebih kalo memang Kamu hobi korek mesin, pilihan dari merk sparepart mobil aftermarket ada sangat banyak. Masalah daripada harga, kalian bisa lihat mana yang bersahabat dengan dompet.

Sparepart Palsu atau Imitasi

Perbedaan Sparepart Asli Dan Palsu

Sparepart jenis ini adalah komponen dari home industri juga bisa buatan manufaktur yang non standar, dan bahkan ilegal. Produsen sengaja untuk menipu konsumen memakai cara menjiplak dari barang ORI atau Sparepart Mobil Aftermarket yang memiliki reputasi bagus. Harga jualnya juga kerap disamakan dengan harga dari genuine sparepart tetap dengan kualitas tentu yang sangat buruk.

Perbandingan daripada sparepart asli juga palsu ini lumayan gampang-gampang susah. umumnya pada sparepart  imitasi memiliki beberapa perbedaan  jika dibanding dengan sparepart original. Tentu kamu akan merugi jika memilih sparepart imitasi, maka dari itu jangan tergiur harga murah ya. namun perhatikan kualita!