Ini Dia 3 Penyebab Perseneling Keras Dan Rusak Pada Mobil!

Daftar Isi

Penyebab Perseneling Keras. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki penyebab persneling mobil yang sudah keras dan kerasnya gigi perseneling ini umunya disebabkan oleh sejumlah faktor. Paling sering, gigi persneling mobil keras ini dialami pada mobil yang telah berumur. Tapi, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh habbit atau kebiasaan perawatan  si pemilik mobil juga.

Jadi walaupun mobil ini sudah berusia tua, jika perbaikan selalu dijalankan tepat waktu tentu enggak akan masalah. Persneling gigi mobil yang sudah keras ini tentu bisa membuat pengemudi mobil merasa gak nyaman karena untuk memindahkan gigi  sang pengemudi harus effort extra alias  mengeluarkan tenaga ekstra.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini, kami ingin membagikan informasi mengenai bagaimana solusi untuk gigi perseneling yang keras. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

penyebab perseneling keras
penyebab perseneling keras

Penyebab Perseneling Keras Pada Mobil, Apa Saja Kira-Kira?

Beberapa orang seringkali panik ketika persneling tidak dapat dipindahkan karena keras. Buat mobil matik mungkin rasanya oke-oke aja. Tapi, apa ya penyebab perseneling mobil keras? Ternyata selain perawatan gaya berkendara juga berpengaruh lho dengan keawetan komponen.ulasan selengkapnya dibawah ini ya :

Oli atau kabel kopling Berkurang

Penyebab Perseneling Keras. Untuk  mobil tua, biasanya koplingnya masih menggunakan model kabel. Kabel ini umumnya menjadi aus sebab usia. Seiring pemakaian, kabel kopling ini bisa terkena debu atau air sabun ketika mencuci mobil. Hal ini tentunya bisa membuat kabel kopling ini menjadi aus juga berkarat.

Efeknya, ketika sedang menginjak kopling ini menjadi terasa lebih keras dan juga tarikan kopling terasa menjadi berkurang. Lalu, ada juga loh mobil yang telah memakai model hidrolis. Umumnya ada sejumlah dua komponen di kopling manual. Pertama ialah master kopling dibagian atas, lalu master kopling dibagian bawah.

Terkadang master kopling ini harus diganti. Tapi umumnya usia pada master kopling ini cukup lama sampai dengan tahunan. Ada juga kemungkinan kurangnya oli di bagian kopling. Kalau sudah rusak, biasanya untuk master kopling ini akan terasa loss juga tidak mau lagi kembali ke posisi awal.

Harga untuk master kopling pada mobil tentu berbeda-beda, baiknya kamu mengecek komponen ini untuk mobil manual dengan rutin dan berkala.

Kampas Kopling Aus

Penyebab Perseneling Keras. Komponen lainnya  yang benar-benar berpengaruh untuk membuat sebuah persneling keras ialah kampas kopling. Kampas kopling dengan isian hampir habis ini biasanya akan sangat sulit untuk berpindah gigi. Sebaiknya kamu lakukan pengecekan dalam kampas kopling pada mobil kesayangan kamu. Jika telah aus, biaya perbaikan pada kampas kopling ini sebenarnya cukup lumayan.

Fungsi daripada kampas kopling cukup sentral sebab ia bertugas dalam memutus juga menyambungkan tenaga putar mesin ke transmisi.

Oli Transmisi

Penyebab Perseneling Keras. Penyebab lain yang dapat membuat persneling mobil keras ialah oli transmisi  jarang diganti. Biasanya oli transmisi juga oli gardan benar-benar jarang diganti sebab dianggap kurang penting. Padahal, oli transmisi ini memiliki waktu penggantian berkalanya.

Salah satu cara untuk memperbaiki penyebab persneling mobil keras ialah dengan cara mengganti oli transmisi juga oli gardan. Biaya penggantian pada oli transmisi  tidak besar kok. Biasanya hanya perlu 3 liter oli dan harga untuk per liternya antara Rp70 ribu hingga Rp200 ribuan.

Tentu perseneling yang rusak akan sangat membahayakan kamu khususnya pengemudi mobil. Maka dari itu jangan sampai menunggu perseneling keras barus dirawat. Tapi rawatlah mobil kamu secara rutin dan berkala, agar mobil kamu tetap sehat dan bertenaga. Semoga bermanfaat!