Pengenalan Sistem Mobil

Share to

  • 14
    Shares

Pengenalan sistem mobil

Daftar Isi

Manusia memiliki sistem pencernaan, sistem imun, sistem kerangka, dll. Masing-masing sistem ini ibarat keluarga kecil dimana setiap anggotanya memiliki ketergantungan.

Antar sistem, terdapat sebuah penghubung yang membuat tiap sistem memiliki ketergantungan secara tidak langsung.
Sama seperti manusia, mobil pun memiliki sistem-sistem utama.

Pengenalan Sistem Mobil - Sistem Utama Mobil antara lain:

1. Mesin

Tipe Mesin dan Karakternya

Ketika kita masih sekolah dasar, kita sudah tahu bahwa mobil adalah sebuah alat atau barang atau mekanisme yang mampu mengubah energi kimia menjadi energi gerak. Namun, sebenarnya tidak sesederhana itu. Mesin mobil merupakan salah satu jenis mesin pembakaran dalam dimana di dalam mesin ini terjadi reaksi kimia yang kompleks.

Pertama mari kita bahas mesin pembakaran dalam terlebih dahulu (lupakan mesin listrik Tesla ataupun mesin Hybrid Prius). Mesin pembakaran dalam mempunyai tujuan utama yaitu mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi daya mekanis.

"Daya Mekanis merujuk pada seberapa cepat sebuah Usaha dilakukan. Perlu diingat bahwa Daya Mekanis adalah daya output dan bukan daya input. Bedanya apa?

Daya input merujuk pada seberapa cepat energi bahan bakar diubah menjadi daya untuk dipakai oleh mesin mobil. Sedangkan daya output merujuk pada seberapa cepat sebuah mesin mobil mengeluarkan daya sesaat setelah menerima daya input dari bahan bakar. Perlu diingat bahwa sebagian daya terbuang sebagai panas yang diproduksi melalui sistem transmisi, pembakaran dalam mesin, dll.

Daya Mekanis memiliki satuan yang sering kita tahu yaitu Horse Power atau HP"

Selain mesin itu sendiri, sistem mesin mobil terdiri dari sistem hisap udara, sistem bahan bakar dan sistem gas buang dimana mereka semua saling terkait dengan sistem mesin ini.

Jadi singkatnya mesin pembakaran dalam adalah sebuah alat yang memiliki mekanisme untuk mengubah energi kimia bahan bakar menjadi Daya Mekanis melalui proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang tertutup.

Pengenalan Sistem Mobil belum berakhir di sini, masih ada beberapa sistem lain yang harus kamu simak di bawah!

2. Hisap Udara

Waktu masih kecil kita juga sering melihat berita: jika ada kompor kebakaran, tutupilah dengan karung basah. Juga kita sangat familiar dengan lilin dengan api menyala yang ditutup oleh gelas kaca lama kelamaan api itu akan mati? Kenapa demikian? Simpel, karena proses pembakaran butuh oksigen alias butuh udara.

Agar sebuah mesin bisa bekerja dengan baik, dibutuhkan pasokan udara yang stabil secara kontinu. Inilah tugas sistem hisap udara. Sistem hisap udara terdiri dari filter udara, katup cekik (mesin jenis baru dengan sistem injeksi), karburator (mesin jenis lama), manifold hisap, supercharger (modifikasi) dan katup hisap (jadi satu dengan mesin).

Katup cekik dan karburator terletak di posisi relatif sama dengan tujuan mengatur seberapa banyak udara yang masuk ke dalam manifold hisap. Bedanya, bahan bakar mengalir di karburator sedangkan hanya udara di katup cekik.

3. Bahan Bakar

Makanan adalah sumber energi makhluk hidup. Sumber energi mobil adalah bahan bakar. Kualitas bahan bakar sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Juga mempengaruhi seberapa cepat sistem mesin ini rusak juga seberapa kotor gas buang. Kualitas bahan bakar bisa ditakar salah satunya dari Angka Oktan (untuk mesin dengan bahan bakar bensin).

Agar setetes bensin bisa masuk ke mesin yang berada di bagian depan mobil, diperlukan sebuah sistem pompa bensin. dan sistem buka-tutup katup yang diatur oleh camshaft (nokkenas atau poros bubungan). Tidak hanya itu, mobil-mobil modern sekarang yang tidak lagi memakai karburator juga harus dilengkapi dengan sistem injeksi bensin.

Dapatkan pompa bensin terbaik hanya di Bravo Motor. Klik disini untuk menghubungi WA kami!

4. Gas Buang

Kalian pernah membakar kertas? Apa yang berwarna hitam itu? Itu adalah abu dan asap. Setiap proses pembakaran akan ada gas buang. Bersih kotornya gas buang salah satunya dipengaruhi oleh seberapa mutakhir sistem gas buang itu.

Selain untuk menyaring dan meminimalkan kotornya gas buang, sistem gas buang juga berperan dalam meredam kebisingan mobil. Jadi jika kalian lihat pemuda-pemuda yang mobilnya menimbulkan suara yang menjengkelkan saat menarik gas, itu adalah ulah modifikasi sistem gas buan, terutama bagian muffler.

Apakah modifikasi sistem gas buang itu aman? Nantikan terus info menarik selanjutnya hanya di Bravo Motor Blog.

Sistem gas buang terdiri dari beberapa komponen utama yakni: manifold buang, catalytic converter, pipa buang, muffler, dan ekor. Lantas mana yang disebut knalpot? Ini adalah salah kaprah orang Indonesia. Yuk ikuti terus Bravo Motor Blog untuk kupas tuntas kesalahkaprahan ini!

5. Transmisi

Jika mesin menghasilkan energi untuk mobil? Siapakah yang mengalirkan energi tadi ke roda?

Sistem Transmisi lah yg bertanggung jawab atas pengaliran energi dari mesin ke roda. Sistem transmisi mobil manual terdiri dari kopling, roda gila, gear, differential, dan batang as. Untuk mobil automatic, kopling dan gear sudah menjadi satu kesatuan.

Sistem Transmisi, sama halnya dengan sistem mesin, membutuhkan oli sebagai pelumas agar terus awet. Umur sistem transmisi ditentukan oleh seberapa bagus kualitas oli tersebut!

Dapatkan oli transmisi terbaik hanya di Bravo Motor. Klik disini untuk menghubungi WA kami!

6. Rem

Jika mobil sudah berjalan, alangkah berbahayanya jika harus tembok yang menghentikannya. Untuk itu diperlukan sistem rem yang berguna untuk menghentikan mobil.

Lho bukannya sistem rem itu sederhana ya? Tinggal jepit roda, berhenti kan? Ups... upss sangatlah berbahaya jika kamu punya pikiran demikian.

Pedal rem yang kamu injak dari posisi pengemudi yang berada di kanan depan bisa sangat berbahaya jika hanya "menjepit" roda depan kanan. Mobil kamu akan terpelanting ke kanan dan akan RIP.

Diperlukan sistem terintegrasi antara pedal dan ke empat rem mobil. Tidak hanya itu, sistem rem mobil-mobil sekarang juga dipengaruhi oleh komputer mobil sehingga tidak akan terjadi slip! Beruntung kamu membaca artikel Pengenalan Sistem Mobil ini lho...

Sistem rem terdiri dari master minyak rem, brake pads, dan disk pads.

Dapatkan brake pads resmi Honda dengan kualitas terbaik dan harga termurah hanya di Bravo Motor. Klik disini untuk menghubungi WA kami!

7. Listrik dan Komputer

Accu atau aki adalah baterainya mobil. Mobil tuh pakai baterai atau mesin pembakaran dalam sih? Kok semuanya diborong?

Lah kalau cuma mesin pembakaran dalam siapa yang bisa menyalakan lampu? Terus siapa yang memberikan input ke komputer mobil dengan tujuan memeriksa kuantitas bahan bakar dalam tangki?

Baterai di mobil adalah hal mutlak jika kamu ingin menyalakan mobil kamu dari keadaan diam 100%.

Komputer mobil atau ECU (Electronic Control Unit) adalah ibarat otaknya mobil. Dia yang bakal tahu udara yang masuk ke mesin seberapa banyak yang kemudian menyuruh injektor menembakkan seberapa banyak bahan bakar ke dalam mesin. Itu cuma salah satu contoh fungsi ECU.

ABS (Anti-lock Breaking System) juga ditentukan oleh komputer yang satu ini. Keamanan yang lain seperti Cruise Control juga dikendalikan di sini. Beberapa penghobi programming biasanya main-main di program ECU demi mendapatkan daya mekanis tinggi yang kemudian menghemat bahan bakar.

8. Pendingin

Apa yang membedakan sepeda motor dengan mobil? Tentu saja yang satu bakal bikin kamu gosong kepanasan yang satu bisa sangat dingin sampai-sampai kamu bisa masuk angin.

Sistem pendingin di mobil sama seperti sistem pendingin kulkas ataupun AC rumah kamu. Terdapat kompressor, pipa, radiator, dan cairan coolant. Beberapa mobil dengan turbocharger juga dilengkapi dengan intercooler yang berfungsi sebagai pendingin udara sebelum masuk ke dalam mesin.

9. Frame dan Bodi

Last but not the least, artikel Pengenalan Sistem Mobil ini juga menggolongkan bagian yang paling disukai anak-anak muda Indonesia yang hobi mobil: frame dan bodi ke dalam sistem mobil.

Frame mengacu pada chassis mobil atau kerangka mobil.

Bodi mengacu pada segala yang kasat mata dari luar kokpit mobil.

Modifikasi frame tidaklah mudah karena segala hitungan stress analysis dan fatigue analysis harus dihitung ulang. Namun, modifikasi bodi mobil tidak ada batasnya. Ada batasan aerodinamika sebenarnya. Tapi, batasan ini tidak akan terasa selama kamu bukanlah pembalap!

Siapa bilang sains mobil itu sulit dan membosankan?

Semoga artikel Pengenalan Sistem Mobil ini bisa membantu kamu memahami dasar-dasar ilmu mobil.

Jangan lupa bagikan artikel "Pengenalan Sistem Mobil" ini di media sosial kamu ya!​

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

Cara Merawat Ban Mobil

Seseorang yang suka bahas tentang ban mobil biasanya adalah orang maniak mobil. Ada banyak kabar burung tentang merk ban apa yang keren dan bagus tanpa seseorang benar-benar paham bagaimana karet ban yang bagus. Sedikit edukasi tentang ban akan sangat berguna. Jika kamu memang engga tahu gimana cara merawat ban kamu, ini saat nya kamu belajar dan membagikan artikel ini ke teman-teman kamu.

Baca Lebih »