Mitos - Panasi Mesin Sebelum Tancap Gas

Apakah masih berlaku?

Share to

  • 8
    Shares

Panasi Mesin Sebelum Tancap Gas

Daftar Isi

Semua orang kolot pasti marah dengan judul "Panasi Mesin Sebelum Tancap Gas". Dikiranya saya cari sensasi. Kebanyakan orang yang sudah senior (baca tua) memang beranggapan bahwa memanasi mesin sebelum tancap gas adalah keharusan. Apakah memanasi mesin bisa mencegah mesin rusak? Sebesar apa dampak memanasi mesin terhadap konsumsi bahan-bakar dan lingkungan?

Memanasi mesin selama lebih dari 10 menit sudah tidak relevan

Asap mobil ketika mesin idle sangatlah mengganggu tetangga. Bayangkan jika kamu di posisi penghirup pasif asap tetangga kamu. Efek rumah kaca juga bakal terjadi jika setiap orang di pemukimanmu menyalakan mesin 10 menit dan setiap rumah ada 1 mobil. Bayangkan saja.....

Mungkin relevan jika dikaitkan dengan pencegahan oli mobil tidur di dasar rumah engkol

Sangat lebih relevan jika motif memanasi mobil dikaitkan dengan pencegahan terhadap oli yang mengeras di dasar rumah engkol, ataupun untuk mengecek fungsi-fungsi sensor mobil ataupun mengecek getaran mesin dan bunyi-bunyi yang tidak normal.

Mobil jaman sekarang sudah dilengkapi dengan port injection atau bahkan direct injection system

Mobil jaman dulu masih menggunakan karburator sebagai alat penyuplai charge, dimana suhu yang panas menjadi syarat karburator untuk bekerja dengan maksimal. Suhu panas ini menjaga air to -fuel ratio charge yang dihasilkan karburator sesuai kebutuhan mesin. Suhu yang dingin akan membuat karburator gagal menyuplai charge yang pas sehingga misfire pun terjadi.

Namun, sistem port injeksi sudah muncul di mobil-mobil keluaran tahun 2000 ke atas dimana sistem ini memiliki sensor untuk menyuruh injektor menyemprot bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Dengan demikian air to fuel ratio bakal menyesuaikan kondisi mesin. Pada saat start-up mesin kondisi dingin, sistem port injeksi ini menembakkan banyak fuel ke manifold hisap dan perlahan lahan mengurangi bahan bakar sampai air-fuel ratio mencapai kebutuhan normal mesin.

Tidak cukup dengan sistem port injeksi, mobil-mobil tahun 2020 rata-rata sudah memakai sistem injeksi langsung dimana bahan bakar ditembakkan langsung di dalam ruang bakar. Tidak ada kata misfire jika menggunakan sistem ini.

Panasi mesin sebelum tancap gas ternyata lebih boros bahan bakar

Ada sebuah penelitian di Kanada tentang menjalankan mesin pada kondisi mobil diam (kondisi idle), mendinginkan mobil tersebut sampai suhu 18 derajat Celsius dan menjalankan mobil-mobil itu pada waktu bersamaan. Variabel mereka adalah idling time: 5 dan 10 menit. Hasilnya, semakin lama idling time, konsumsi bahan bakar semakin meningkat. Dengan kata lain:

Semakin lama memanaskan mesin, semakin boros konsumsi bahan bakar

"Hasil tes menunjukkan bahwa dengan 5 menit memanasi mesin, total konsumsi bahan bakar meningkat sebanyak 7 - 14 persen dan dengan 10 menit memanasi mesin, total konsumsi bahan bakar meningkat sebanyak 12 - 19 persen."

Apa pula institusi yang namanya "Department of Energy's Argonne National Laboratory" yang menyimpulkan bahwa kondisi idle menyedot konsumsi bahan bakar yang berhubungan linear dengan waktu dan bertambah seiring membesarnya kapasitas mesin:

Sumber: Department of Energy's Argonne National Laboratory

Apa pula institusi yang namanya "Department of Energy's Argonne National Laboratory" yang menyimpulkan bahwa kondisi idle menyedot konsumsi bahan bakar yang berhubungan linear dengan waktu dan bertambah seiring membesarnya kapasitas mesin:

Sebisa mungkin segala aktifitas idling mesin harus dihindari

Segala aktifitas idling dan panasi mesin sebelum tancap gas harus dihindari kecuali memang jika berada di lampu merah, ataupun jika mobil kalian memang butuh dinyalakan seminggu sekali guna mencegah oli mesin terdampar di dasar rumah engkol.

Stay smart, stay hemat

Jangan lupa bagikan artikel "Mitos - Panasi Mesin Sebelum Tancap Gas" ini di media sosial kamu ya!​

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

5 Tips Harga Mobil Bekas Honda Tetap Stabil

Hampir bisa dipastikan kalau harga mobil bekas Honda saat dijual pasti mengalami penurunan. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah harga mobil bekas Honda terjun bebas, solusinya adalah mengganti sparepart penting agar performa mobil bekas Honda milikmu bisa digunakan berkendara dengan nyaman, aman, dan dalam kondisi terbaiknya sehingga customer tidak akan sungkan membeli dengan harga berapapun. Penasaran 5 sparepart apa saja yang harus diganti agar mobil bekasmu terjual mahal? Yuk disimak ulasannya.​

Baca Lebih »

Ch.1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 2

Hoax kalau ada yang bilang belajar mekanisme mobil itu sulit. Di sini kamu bakal tahu seberapa mudahnya ditambah kalian bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di sini! Onderdil mobil Honda kamu rusak? Hubungi Bravo Motor 031-5324508!

Baca Lebih »

Ch. 1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 1

Tujuan mesin pembakaran dalam adalah memroduksi Daya Mekanis. Mesin mobil pada dasarnya terdiri dari 2 jenis. Apa saja jenis itu? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja istilah teknis dari permesinan? Temukan jawabannya hanya di Bravo Motor Blog!

Baca Lebih »