Kenali 5 Fungsi Koil Mobil Honda Kamu!

Daftar Isi

Fungsi koil mobil dalam sistem kerja mobil ini nyatanya sangat penting untuk bisa mengubah tegangan listrik ketika menyalakan mobil. Termasuk juga mempertinggi tegangan listrik sebuah aki supaya dapat memberikan percikan api di busi.

Salah satu Fungsi utama dari sebuah koil ini ialah mengubah sebuah tegangan rendah listrik. Pada dasarnya dalam mobil ini juga ada sistem pengapian dimana ini berguna untuk bikin mobil bisa menyala. Tanpa adanya sebuah sistem pengapian, maka tentu sudah pasti mobil kesayangan kamu tidak mungkin dapat dinyalakan.

Tidak cuma itu saja, dalam sebuah mobil juga ada loh daya listrik yang benar-benar berguna. Di sinilah fungsi dari koil ini menjadi krusial. Koil bisa mengubah sebuah tegangan rendah listrik dimulai dari 12 volt hingga 10.000 volt. Tinggi kan? Dengan kemampuannya inilah pada akhirnya mobil bisa mendapatkan sebuah daya yang benar-benar kuat untuk bisa dinyalakan.

baca juga : harga sparepart mobil honda 2021

Kenali 5 Fungsi Koil Mobil Honda Kamu!

Tidak Cuma itu loh fungsi koil mobil, masih ada banyak lagi. Apa saja? Simak selengkapnya dibawah ini!

Fungsi Koil Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui !

Memiliki mobil tanpa mengetahu bagian-bagian penting dari mobilnya merupakan hal yang gak banget, ketika kamu memiliki mobil maka ketahuilah fungsi-fungsi daripada bagian-bagian pada mobil kamu. Salah satunya kenali fungsi koil mobil ya!

  • Fungsi 1 : Mengatur Pengapian

Selain dapat menaikkan tengan listrik dari rendah menjadi tinggi,  sparepart koil ini juga berguna dalam mengatur pengapian.

Untuk dapat menyalakan mesin mobil, tentu perlu sistem pengapian dengan baik. Harus ada panas dalam mesin sehingga dapat memberikan sebuah percikan bunga api. Inilah yang pada akhirnya membuat sebuah sistem pengapian dapat bekerja secara maksimal. Sebagai salah satu dari komponen terpenting di sistem ini, maka jangan sampai kamu melupakan koil .

  • Fungsi koil mobil 2 : Memunculkan Sebuah Percikan Bunga Api

Seperti yang sudah dibahas di atas, mobil ini perlu memiliki sebuah percikan bunga api ketika hendak dinyalakan. Untungnya dengan adanya sebuah koil, maka energi listrik dari tegangan yang tinggi  10.000 volt, bahkan lebih dari tu, bisa menghasilkan sebuah percikan dari bunga api. Tentu saja koil ini tidak dapat bekerja sendiri dalam mencapai hal ini. Perlu sekali daro busi yang dapat dibilang saling berkesinambungan, koil pada sistem kerja mesin dalam mobil.

  • Fungsi 3 : Meneruskan Proses Pembakaran

Selain dari dua fungsi di atas, sparepart mobil koil ini juga memiliki peran dalam meneruskan sebuah proses pembakaran. Dengan sebuah perubahan tegangan dari rendah listrik lalu ke tinggi, maka mesin dapat menyala. Namun dibutuhkan peran koil dalam pengapian untuk meneruskan sebuah pembakaran yang terjadi.

  • Fungsi 4 : koil berkualitas

​​​​​​Dengan sejumlah fungsi koil yang benar-benar penting pada mesin mobil, ada saja sejumlah masalah yang dapat terjadi jikalau komponen ini rusak. Dimulai dengan mesin mobil yang bergetar lumayan keras hingga tidak terdapat tenaga walaupun sang pedal gas sudah skuat tenaga diinjak. Kondisi ini dapat membuat sebuah konsumsi bahan bakar kian boros. Tentu saja ini disebabkan karena sistem daripada pembakaran tidak sempurna. 

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi dari sparepart koil mobil yang perlu untuk kamu ketahui. Karena untuk membuat mobil kamu selalu terjaga ketahanannya tentunya kamu harus mengetahui semua bagian dari pada mobil kesayangan kamu itu. jangan malas untuk selalu merawat mobil kamu ya!