ciri kampas rem mobil habis

Daftar Isi

Sistem pengereman pada mobil harus senantiasa dalam keadaan prima karena erat kaitannya dengan keselamatan berkendara. Tanpa sokongan performa yang bagus pada piranti ini pengendara mobil tidak akan merasa aman serta nyaman sepanjang melaksanakan perjalanan. Inilah ciri kampas rem mobil habis yang wajib kamu pahami agar tidak meninggal sia-sia.

ciri kampas rem mobil habis

Kampas rem memiliki 2 bagian utama yaitu plat baja keras berwarna hitam dan bahan lunak (lunak menurut besi ya bro bukan lunak menurut manusia) yang berwarna abu-abu kekuningan yang sering disebut kampas atau kanvas.

Fungi kanvas

Bahan lunak berwarna abu-abu kekuningan ini berfungsi sebagai bahan yang menghentikan putaran roda via cakram (disc brake). Karena gaya gesek yang begitu besar, lapisan ini lama kelamaan akan habis karena panas.

Produk kurang bagus atau kualitas rendah biasanya menghasilkan debu pasir yang kasat mata sekaligus bunyi cit cit cit yang mengganggu telinga.

Benar sekali, mobil kamu yang melaju kencang hanya bergantung pada spare part satu ini untuk berhenti. Terlepas dari cepat tidaknya lapisan ini habis, kamu pun layak tahu ciri kampas rem mobil habis agar nyawa tidak melayang.

Berikut ciri-ciri kampas rem mobil habis

1. Pedal rem harus diinjak makin dalam dari biasanya

Biasanya injak sedikit saja mobil sudah berhenti, namun sekarang sepertinya butuh kaki yang begitu panjang agar bisa menghentikan kendaraan kalian. Waspadalah, lapisan kampas sudah mulai habis.

2. Suara berdecit timbul dikala pedal terinjak

Mungkin sopir tidak sadar ada bunyi tidak nyaman dihasilkan dari pergesekan piringan rem dengan kampas karena di dalam mobil ada DJ dengan audio EDM yang keren. Tapi kalian sebagai penumpang mobil bisa lihat reaksi pengendara sepeda motor atau pejalan kaki di sebelah. Apakah mereka menutup telinga sambil memandang marah kepadamu? Jika ya, berarti waktunya belanja kampas rem di toko spare part mobil terdekat.

3. Kendaraan tidak berhenti sepenuhnya ketika di posisi berhenti di tanjakan dan pada gigi nol selagi pedal rem terinjak

Jika sudah sampai tahap ini, sudah deh jangan pelit lagi. Segera beli brake pads terdekat di lokasi kalian. Beruntung jika kalian berada di dalam kota, jika kalian melakukan perjalanan ke luar kota, akan makin sulit menemukan montir atau bengkel.

Beberapa blog menyebutkan bahwa penyebab bunyi dan getaran di pedal rem adalah akibat luas penampang kampas yang semakin kecil seiring habisnya kanvas. Ini tidak benar. Luas penampang kanvas akan tetap sama, malahan untuk beberapa jenis, akan semakin besar seiring dipakai.

Semoga kalian paham ciri kampas rem mobil habis dan tidak pelit untuk menggantinya demi keselamatan kalian dan orang lain.

Salam handal.