5 Ciri Filter Oli Mobil Honda Harus Diganti

Daftar Isi

Filter oli mobil honda – Mengganti oli merupakan utinitas yang wajib untuk dilakukan semua pemilik mobil. Sebab kalau kamu sampai telat ganti oli tentu bisa membuat mesin rusak. Kalau udah begitu, uang yang sudah keluar tentu bakalan lebih banyak, ini pertanda kamu akan jauh lebih boros.

Tapi tentu saja banyak juga yang lupa jika mengganti oli aja ini tidak cukup. Kamu juga perlu mengganti sparepart Filter Oli Mobil. Sebab, layaknya oli, filter oli juga harus kamu ganti dengan rutin. Nah, dibawah ini merupakan ciri-ciri yang menjadi sebuah penanda kalau diri kamu harus cepat-cepat mengganti filter oli.

5 Ciri Filter Oli Mobil Honda Harus Diganti
Mechanic servicing automobile car engine in repair garage

Kapan Sparepart Filter Oli Mobil Harus Diganti?

Sebagai pemilik daripada kendaraan yang baik dan bijaksan tentu kamu harus memperhatikan kesehatan daripada kendaraan kamu khususnya mobil honda. Seperti mengenali ciri atau waktu kapan Filter Oli Mobil harus diganti. Kira-kira kapan saja ya? cek dibawah ini!

1. Tekanan oli menurun

Pemilik mobil dapat memantau tekanan daripada oli melalui pengukur yang terdapat di dashboard mobil. Pada situasi yang normal, pengukur dari tekanan oli ini akan menunjukkan jumlah dari tekanan filter  oli yang terbilang konsisten.

Tetapi kalau kamu melihat sebuah tekanan oli ini turun secara gak menentu pada saat berkendara, ini berarti mengindikasikan tentang adanya masalah. Salah satu dari penyebab tekanan oli yang rendah bisa terjadi  karena filter oli bocor bisa juga kerena tersumbat hingga mencegah sejumlah oli masuk ke mesin.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Sparepart Palsu dan Asli Agar Gak Tertipu

2. Mesin overheat

Filter Oli Mobil yang tidak baik tentu bisa berdampak ke suplai oli yang ada dimesin mobil. Semakin sedikit jumlah oli yang masuk kedalam mesin, maka mesinnya juga semakin tidak menerima pelumasan dalam mencegah gesekan antarkomponen yang bergerak.

Gesekan-gesekan daripada komponen yang bergerak yang terbuat dari logam ini pada akhirnya akan menghasilkan efek panas dengan begitu cepat. Kalau panas ini gak bisa didinginkan menggunakan oli, maka ini dapat menyebabkan sang  mesin overheat. Pengemudi juga akan banyak melihat lampu dari “Check Engine” ini menyala.

3. Performa mesin mobil menurun

Menumpuknya kontaminan daripada oli ini terjadi akibat dari sparepart filter oli yang sudah bermasalah. Ketika hal ini terjadi, kinerja daripada mesin mobil bisa saja berkurang dan juga mengurangi tenaga yang dihasilkan mobil.

Pengendara ini bisa tidak mendapatkan sebuah kecepatan yang dimau atau laju mobil ini bisa tersendat-sendat. Semakin tanda ini diabaikan, performa daripada mobil bisa juga semakin menurun loh.

4. Terdengar bunyi gesekan logam

Sparepart Filter oli mobil tersumbat tentunya akan memasok lebih sedikit jumlah oli supaya komponen daripada mobil dapat bekerja lancar atau mulus. Ketika oli yang disuplainya berkurang, pemilik dapat mendengarseperti bunyi gesekan komponen dengan bahan logam.

Kalau pada kondisi ini kendaraan mobil kamu tetap dibawa jalan dengan kecepatan tinggi, bisa timbul risiko seperti keausan juga penurunan pada kualitas komponen pada mobil.

5. Asap knalpot kotor

Asap dari knalpot kamu berwarna hitam ataupun kotor yang keluar daripada mobil dapat menandakan filter dari oli yang buruk. Bau oli yang terbakar juga tentu menjadi pertanda bahwa terdapat masalah dalam filter oli.

Ini dapat diakibatkan sparepart filter oli yang tersumbat hingga oli mengalir pada sistem pembuangan kemudian terbakar. Kalau  ini terjadi, tentu pemilik dapat membawa mobil kedalam bengkel untuk sebuah tindakan lebih lanjut.

Sekian informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat!f