Tips Mencegah Heatstroke di Jalan

Ingat: panas di Indonesia itu kebangetan

Share to

cara mencegah heatstroke

Daftar Isi

Bulan Juni ini adalah awal mula musim kemarau di Indonesia. Semua orang sudah merasakan panasnya bumi pertiwi. Dengan demikian, akan ada bahaya yang mungkin muncul pada pengendara yaitu: heatstroke.

Heatstroke (saya tidak tahu bahasa indonesianya, maaf) adalah kondisi dimana badan kita menjadi panas (bukan demam) akibat teriknya sinar matahari; bisa juga akibat aktivitas fisik yang berlebihan.

Badan manusia punya cara alamiah mengontrol panas, ibarat mobil punya radiator. Ketika terik matahari sangat panas, kulit akan mengeluarkan keringat yang kemudian menyerap panas dan ketika keringat ini menguap, ada efek pendinginan secara alamiah (ingat-ingat lagi pelajaran kimia SMA tentang kalor dan entalpi pendinginan). Namun, jika kita berkeringat secara berlebihan, kita akan dehidrasi dan kondisi dehidrasi ini bisa membuat orang "berangkat" mendadak.

Sebetulnya di sini yang paling kasihan adalah pengendara motor karena tidak ada sistem pendingin. Mereka yang di dalam mobil atau di bus (bus modern misalnya) akan sedikit lebih baik karena adanya AC.

Apa Tanda Seseorang Mengalami Heatstroke

1. Suhu badan meningkat

Jangan tertipu dengan pengukuran suhu dengan termometer laser yang ditembakkan di dahi. Ini cuma mengukur suhu kulit. Yang benar adalah pengukuran suhu menggunakan termometer ketiak, anus ataupun telinga.

Pengukuran suhu tubuh dengan termometer laser yang diarahkan ke dahi tidaklah akurat

2. Kondisi indra dan mental yang tidak stabil

Kelima indra manusia tidak akan bekerja secara normal ketika suhu badan meningkat. Orang juga biasanya punya emosi yang tidak stabil. Belum tentu marah-marah. Seseorang dengan heatstroke bisa saja sedih, depresi, stress, panik, dan semuanya ini tanpa alasan psikis yang jelas.

3. Berkeringat

Mencegah heatstroke sangat diperlukan jika kamu tidak mau berkeringat, Apalagi mau ke pesta ataupun mau bertemu orang penting.

4. Mual dan bahkan muntah

Banyak orang mabuk kendaraan dan berpikir bahwa mereka sudah memang sejak lahir mabuk kendaraan. Tapi, bisa saja mabuk kendaraan ini diakibatkan oleh panasnya matahari. Alangkah baiknya jika AC mobil dinyalakan ke suhu yang lebih rendah.

5. Kulit memerah

Kulit akan terlihat merah dan terasa panas jika disentuh

6. Napas terengah

Paru-paru akan secara alamiah menarik udara lebih banyak guna mendinginkan badan. Jika paru-paru menghisap udara panas, wah.. tebak sendiri bagaimana akibatnya.

7. Jantung berdetak cepat

Jantung pun akan bereaksi memompa darah guna "menambal" kekurangan cairan di organ-organ. Jika di pembuluh darah tidak terdapat cukup cairan tubuh, jantung harus memompa darah lebih kencang dan cepat.

8. Sakit kepala

Otak yang kekurangan cairan tubuh akan sangat menyakitkan.

Pertolongan pertama untuk mencegah heatstroke makin parah adalah dengan menggotong penderita ke tempat yang ada bayang-bayangnya (di bawah pohon misalnya), atau bisa juga membawanya ke tempat sejuk ber AC. Penderita juga harus dibuka pakaian berlebihnya dan harus dikipasi agar perpindahan panas terjadi semakin cepat. Langkah selanjutnya adalah menggunakan handuk yang basah oleh air es untuk diusap di dahi dan leher, ketiak dan selangkangan. Metode ini akan mendinginkan pembuluh arteri besar di daerah sana.

Heatstroke bisa membunuh orang yang kita sayangi jika tidak tahu cara penanganannya

Bagaimana Cara Mencegah Heatstroke?

1. Jadwalkan perjalanan dengan bijak

Jangan melakukan perjalanan di siang bolong. Pilihlan waktu subuh untuk jalan-jalan. Bisa juga di malam hari ataupun ketika matahari mulai terbenam.

2. Pastikan kondisi mobil baik

Cara mencegah heatstroke paling sederhana tapi sering diremehkan orang Indonesia adalah memastikan spare part mobil di kondisi "siap jalan". Radiator, aki, oli, timing belt, master rem, master kopling, lampu depan belakang dan alat pendukung seperti dongkrak dan ban serep harus dicek semuanya. Tujuan kita di sini adalah mencegah panas. Sangat konyol jika mobil kita rusak di siang bolong dan tidak ada AC lalu kita tidak ada dongkrak. Ya kalian bisa buat sendiri kisah sedih versi kalian.

3. Pakai baju musim panas

Sebisa mungkin pakailah baju yang mudah bernapas guna menjaga suhu tubuh tetap sejuk.

4. Pakai sunblock

Memang sunblock tidak akan bisa mendinginkan teriknya matahari. Tapi sunblock bisa mencegah kulit terbakar. Perlu diingat bahwa kulit yang terbakar tidak akan berfungsi dengan baik: tidak bisa mengeluarkan keringat dengan volume semestinya.

5. Jangan tinggalkan seseorang di dalam mobil walaupun AC nyala

Mobil yang tidak berjalan akan lebih panas jika dibanding mobil yang berjalan karena ada efek perpindahan panas antara bodi mobil dan angin yang berhembus.

6. Minum banyak air dan cairan ion

Tips terakhir mencegah heatstroke adalah dengan minum banyak air. Kalau bisa airnya juga air dingin (tidak perlu sangat dingin). Di sini, peran tas kedap panas sangatlah penting untuk menjaga minuman favoritmu tetap dingin.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

What is VIN Number?

The chassis number or VIN number is the DNA of the car where this number is very important for buying parts or legal legal matters. Curious how to read VIN numbers?

Baca Lebih »