Cara Merawat Mobil Honda yang Jarang Dipakai

Daftar Isi

Cara Merawat Mobil Honda. Banyak Orang Dengan Kesibukannya Jarang Menggunakan Mobil Pribadi. Biasanya alasan terpenting adalah berada di luar kota atau bekerja dengan mobil kantor. Hal Ini Membuat Mobil Pribadi Hanya Dimasukkan Di Garasi Dan Mesin Mobil Tidak Dipanaskan.

Namun perlu Anda ketahui, meski mobil jarang digunakan, mobil juga perlu dirawat. Bahkan untuk kasus mobil yang sudah lama tidak dipakai, Anda harus melakukan perawatan khusus agar mobil tetap dalam kondisi baik.

Cara Merawat Mobil Honda yang Jarang Dipakai

Cara merawat mobil jarang dipakai

Berikut 6 cara merawat mobil yang jarang digunakan agar mobil tidak terbengkalai dan siap digunakan kapan pun Anda membutuhkannya.

1. Pastikan mobil dalam kondisi bersih

Cara Merawat Mobil. Mulailah Dengan Mencuci Mobil Hingga Bersih Sehingga Bagian Eksterior Seperti Cat Mobil Terlindungi Dari Kotoran Membandel Yang Dapat Menimbulkan Korosi. Selanjutnya, Bersihkan Bagian Dalam Sampah Dan Debu Di Interior Mobil Anda Dengan Vacuum Cleaner. Jangan biarkan mobil dalam keadaan kotor dalam waktu lama.

2. Perhatikan oli mesin,

Cara Merawat Mobil. Pastikan oli mesin pada mobil Anda saat keluar dari mobil dalam kondisi cukup, karena dengan oli mesin penuh maka kondisi mesin juga terjaga. Jika perlu ganti dengan oli baru agar kondisi mesin juga awet. Selain itu setelah selesai pastikan oli tidak berserakan kemana-mana, karena mesin juga harus bersih jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu yang lama.

3. Bahan Bakar Juga Harus Penuh Sebelum Meninggalkan Mobil

Pastikan Tangki Bahan Bakar Terisi Penuh. Tujuannya agar semaksimal mungkin tidak ada sisa ruang udara di dalam tangki yang dapat menimbulkan pengembunan (embun) saat kondisi dingin (malam hari). Embun Yang Akan Meleleh Saat Panas (Di Siang Hari) Akan Menurunkan Kualitas Bahan Bakar Dan Jika Terlalu Parah Dapat Mengganggu Performa Mesin.

4. Pastikan Listrik Aman Dan Cabut Tiang Baterai

Lepaskan kabel baterai / kepala baterai untuk mengurangi risiko kerusakan baterai atau kehilangan daya. Saat Mencabut Baterai, Pertama Lepaskan Kabel Negatif Kemudian Kabel Positif. Saat Memasang, Pertama Kabel Positif Kemudian Kabel Negatif.

5. Parkir di tempat datar

Cara Merawat Mobil. Usahakan kondisi mobil di tempat parkir dalam kondisi datar. Jika kondisi tempat parkir masih belum kempes, Anda bisa menyiasati dengan kemacetan ban dan tidak menggunakan rem tangan.

Penggunaan Rem Tangan Yang Terlalu Panjang Dapat Membuat Bantalan Rem Lengket Dan Pegas Rem Meregang Cukup Lama sehingga Mengurangi Kelenturannya. Selain itu, tutupi mobil dengan selimut khusus untuk mencegah kerusakan cat, terutama jika mobil diparkir di luar ruangan.

6. Tutupi Mobil Dengan Body Cover

Cara Merawat Mobil. Tutupi mobil dengan body cover untuk menghindari binatang seperti kucing untuk menghindari lecet yang akan membuat anda mengira meninggalkan mobil tua menjadi masalah dan merusak mobil.

Cara Merawat Mobil Honda yang Jarang Dipakai
Picture showing muscular car service worker repairing vehicle.

PERIKSA KOMPONEN BERIKUT JUMLAH DIGUNAKAN

Mobil yang jarang digunakan berpotensi mengalami kerusakan, baik berupa karat, penyumbatan bahan bakar, lumpur, tumbuhnya jamur pada bagian-bagian mobil, dan asam pada tangki oli, termasuk korosi dan ban mobil kempes.

Namun keadaan tertentu mengharuskan kita untuk meninggalkan mobil yang tidak terpakai, seperti mudik ke kampung halaman yang jauh, untuk keperluan lain. Harga Honda Brio Solo Oleh karena itu perlu diketahui beberapa cara menjaga kualitas mobil yang jarang digunakan:

  • Pastikan sistem kelistrikan berfungsi dengan baik. Anda bisa mencoba menyalakan lampu utama, lampu sein, power windows, klakson dan fitur lainnya agar tetap berfungsi dengan normal. Selain itu, periksa apakah perkabelan di area mesin masih dalam kondisi normal, dan pastikan tidak ada kabel yang terbuka.
  • Periksa komponen karet seperti wiper. Apakah rapuh dan permukaannya retak? Selain itu, apakah wiper masih bisa membersihkan kaca depan dengan baik, atau malah meninggalkan residu air dan mengeluarkan bunyi gesekan saat bekerja? Jika demikian, maka wiper Anda perlu diganti.
  • Pastikan kondisi tekanan ban masih sesuai standar dan tidak ada deformasi pada permukaan ban, seperti retak atau benturan, Standar tekanan ban bisa lihat informasi yang tertera di area pintu pengemudi. Lalu, bila memungkinkan lakukan bolak-balik untuk mencegah flek kempes pada ban Anda.
  • Pastikan kondisi minyak rem tidak berkurang dan tidak ada kebocoran. Selain itu, pastikan rem masih berfungsi dengan baik dengan menekan pedal rem beberapa kali.

Nah.. Itulah cara merawat mobil honda Anda walaupun terparkir lama didalam rumah, agar kondisinya tetap prima saat kembali digunakan. Jika terjadi kerusakan periksa mobil honda Anda disini.