Terbaru! Cara Merawat Ban Mobil

Dijamin kamu engga nyangka...

Share to

cara merawat ban mobil

Daftar Isi

Seseorang yang suka bahas tentang ban mobil biasanya adalah orang maniak mobil. Ada banyak kabar burung tentang merk ban apa yang keren dan bagus tanpa seseorang benar-benar paham bagaimana karet ban yang bagus. Sedikit edukasi tentang ban akan sangat berguna

Artikel singkat ini akan membahas sedikit tentang cara memaksimalkan umur ban mobil karena ini sering diabaikan. Bravo Motor pada waktu lalu sudah membahas tentang seberapa sering ban mobil harus diganti, tapi akan lebih baik jika kita juga tahu bagaimana cara merawat ban mobil guna keamanan dan sedikit menambah ilmu.

Jika kamu memang engga tahu gimana cara merawat ban kamu, ini saat nya kamu belajar dan membagikan artikel ini ke teman-teman kamu.

Cara Memperpanjang Umur Ban Mobil

1. Tukar-tukar Ban Mobil

Menukar-nukar ban letak ban mobil adalah salah satu teknik paling dasar untuk memastikan keausan yang merata.

Rotasi berkala ban adalah salah satu teknik paling dasar untuk memastikan keausan yang merata. Ada beberapa pola rotasi ban dasar yang dapat kamu ikuti dan pelajari di sini. Namun, ingatlah bahwa ini hanyalah pola yang paling umum (jangan kaku dalam artian pukul rata semua ban pakai pola yang sama).

Ya, “legal”. Di beberapa negara, jika seseorang terus menggunakan ban yang sudah aus, kemungkinan dia akan didenda. Lebih parah lagi, di negara-negara dimana peraturan tentang kelayakan ban diatur ketat, toko-toko penjual ban akan menyuruh seseorang dengan tegas untuk membeli ban baru jika didapat TWI ban itu sudah berada diambang bawah. Namun demikian, beberapa negara mengatur 1.5 mm sebagai standard TWI.

2. Jaga agar Ban-ban Tetap Lurus

Seperti halnya menukar-nukar ban yang dijelaskan di atas, ban-ban yang terjaga lurus akan meningkatkan total umur karet ban. Ban yang tidak lurus akan membuat roda kemudi tidak center dan juga membuat mobil kamu goyang kesana kemari. Yang paling parah, kondisi ban tidak lurus ini akan membuat ban menjadi aus secara acak dan tidak merata dimana akan lebih membahayakan.

Lebih berbahaya ban yang aus tidak merata daripada aus merata

3. Jaga Tekanan Udara Dalam Ban Sesuai yang Dianjurkan

Tekanan udara dalam ban bisa berubah dengan super cepat bahkan dalam sehari, tergantung oleh banyak faktor. Menjaga tekanan ban-ban mobilmu pada angka yang disarankan di buku panduan adalah hal mutlak jika kamu ingin berkendara dengan seimbang, menjaga keausan ban agar merata, dan mencegah ban robek.

Mobil-mobil modern biasanya sudah dilengkapi dengan alat untuk memonitor tekanan ban. Jadi, kamu engga punya alasan tidak tahu tekanan banmu di angka berapa.

4. Ketika Waktunya Tiba, Belilah Ban yang Memang Sesuai Kebutuhan

Perlu diingat bahwa gaya setiran kamu harus cocok dengan jenis ban yang kamu pilih. Jika kamu pengendara harian, akan lebih baik jika ban mobil kamu punya TWI yang tinggi dan handling yang bagus pada permukaan jalan yang basah maupun kering.

Kesimpulannya, berhati-hatilah dengan ban mobilmu. Periksa berkala ban-ban mobilmu dan belilah ban mobil yang bisa bertahan lama di kondisi becek

Jangan lupa bagikan artikel "Cara Merawat Ban Mobil" ini di media sosial kamu ya!​

Post Terbaru

Apa itu Nomor VIN?

Nomor rangka atau nomor VIN adalah DNA dari mobil dimana nomor ini sangat penting untuk beli parts ataupun urusan legal hukum. Penasaran cara baca nomor VIN?

Baca Lebih »