Cara Mengatasi Radiator Rusak Mobil Honda 2021

Daftar Isi

Radiator merupakan komponen penting yang berfungsi mendinginkan mesin. Komponen ini berbentuk kotak dengan sirip-sirip (fin) bertujuan membuang panas mesin secepat-cepatnya. Di dalam komponen ini terdapat sistem pendingin seperti pada kulkas, yaitu mengalirkan cairan yang mampu menyerap panas mesin. Adapun motor-motor yang akan menjalankan kipas ketika temperatur mesin mencapai suhu tertentu. Penyalaan kipas ini bertujuan mempercepat perpindahan panas dari mesin ke lingkungan via radiator.

Mesin mobil honda atau mesin mobil apapun itu sangat membutuhkan onderdil satu ini guna menjaga suhu agar sang penggerak tetap pada kondisi siap menerima tekanan besar ketika piston dikompresi. Ketika sistem ini rusak, mesin akan kepanasan (overheat) dan akan melelehkan besi mesin. Harga mesin itu sendiri berkisar 50 juta rupiah ke atas.

Cara Mengatasi Radiator Rusak Mobil Honda 2021

Mengatasi Radiator Rusak Mobil Honda

Tidak semua orang siap menerima resiko akibat rusaknya radiator. Beberapa orang meremehkan kipas yang mati, ataupun coolant yang habis. Seperti dijelaskan di atas, kerusakan pada sistem pendinginan akan merusak mesin karena memberikan thermal stress. Jika mesin overheat, piston, crankshaft, camshaft tidak akan berputar pada porosnya. Akibatnya katup-katup hisap dan buang akan hancur terbentur piston itu sendiri. Ingat, berhenti di jalan tol akibat overheat tidaklah mudah.

Lalu, apa saja gejala kerusakan radiator?

Cara Mengatasi Radiator Rusak dan Merawat Agar Lebih Awet

Mengganti Radiator Dengan Berkala

Yang pertama yang bisa dilakukan dalam merawat “AC mesin” ini adalah dengan rajin mengganti coolant secara berkala. Cairan yang berada didalam pipa-pipa pendingin ini dapat menimbulkan kerak yang berpotensi membuat sumbatan.

Jika pipa-pipa ini telah tersumbat oleh kerak, temperatur mesin pun mudah meningkat. Sebelum kamu mengganti air radiator, kamu perlu menguras tuntas pipa-pipa ini terlebih dahulu. Kalau kamu mau yang aman dan pasti, kamu bisa membawa mobil pada bengkel supaya ditangani langsung dengan teknisi yang sudah berpengalaman.

Mengecek Tutup Raditaor

Tutup radiator sangat penting untuk menjaga cairan tetap didalan sistem pengingin. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memeriksa bagian dari tutup radiator dengan berkala. Periksa juga bagian sealnya ini masih dalam keadaan yang kenyal atau tidak. Kalau memang sudah rusak, terpaksa deh kamu harus ganti dengan yang baru.

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi radiator rusak adalah memeriksa kinerja kedua kipas (beberapa mobil hanya punya satu) yang bertugas mendinginkan mesin. Dalam suhu yang cukup tinggi (kalau di dashboard sopir yang sudah digital: indikator temperatur berada kurang lebih di tengah; kalau di dashboard yang masih memakai jarum: indikator suhu berada di 1/3), kipas yang merupakan salah satu bagian dari sistem pendingin ini akan menyala dengan cukup kencang untuk mencegah mesin dari overheating.

Jadi, kamu dapat memastikan bahwa kipas dari pendingin satu ini dapat bekerja atau tidaknya melalui melihat putaran daripada kipasnya.

baca juga : ciri-ciri karet support shockbreaker rusak

Nah, itu dia cara untuk bisa mendeteksi dan juga cara mengatasi radiator rusak mobil Honda. Semoga bermanfaat ya, sampai berjumpa pada pembahasan otomotif yang selanjutnya!