Perlukah Bleyer Mesin untuk Mencegah Aki Soak

Karena di masa pandemi ini kita harus meninggalkan mobil di parkiran

Share to

bleyer mesin untuk mencegah aki soak

Apakah sebulan belakangan saat pandemi Covid-19 berlangsung ini kamu sering menyetir? Sembilan puluh persen dari kalian pasti jawab tidak. Ratusan negara di bumi ini mengalami lockdown atau PSBB dimana mengharuskan setiap orang mengerami telur di rumah.

Dengan kata lain jika kalian tidak kena PHK (kerja di rumah), mobil kalianlah yang mengalami "putus kerja". Apalagi jika kalian punya mobil lebih dari satu di garasi kalian. Masalah utama di sini adalah aki soak bahkan mati total. Masalah kedua adalah oli jadi malas. Mari kita bahas aki soak dulu di artikel ini.

Apakah perlu bleyer mesin untuk mencegah aki soak?

Jika kalian belum pernah menyalakan mesin mobil sama sekali dari awal April 2020, segeralah ganti aki mobil kalian sebelum pabrik aki bangkrut. Jika kalian rajin menyalakan mesin mobil, kalian tergolong aman. Tidak peduli aki kalian masih aman atau tidak, beberapa pertanyaan sering terlintas di pikiran pengguna mobil. Perlukah bleyer mesin untuk mencegah aki soak? Well, jawaban singkatnya iya dan tidak.

Jika kalian menyalakan mobil tanpa embel-embel lain selain untuk mencharge aki, tentu boleh-boleh saja kalian meninggalkan mobil 10-15 menit di kondisi idle. Bila perlu, kalian juga bisa injak pedal gas di gigi nol untuk mempercepat proses recharge aki. Tapi, jika kalian memakai mobil kalian untuk jumpstart mobil lain, tentu harus sambil bleyer.

Selain itu, jika kalian ingin menaikkan tekanan oli mesin sehingga bisa melubrikasi part-part mesin dengan sempurna, tentu saja bleyer diperlukan. Jika kalian punya waktu bleyer mesin mobil, kenapa tidak ajak mobil kalian berjalan di kompleks rumah? Sedikit menjalankan mobil kalian beberapa meter bisa membantu oli membasahi gigi transmisi dan diferensial dan juga bisa mencegah apa yang namanya "flat spot" di ban mobil.

By the way, alanglah baiknya jika di masa PSBB ini kalian melakukan rotasi posisi ban dimana tidak banyak orang yang tahu bagaimana dan apa manfaatnya.

Oke. Semoga semua penjelasan di atas cukup to the point dan jelas mengenai bleyer mesin untuk mencegah aki soak. Jika ada komentar atau pertanyaan, silakan tulis di bawah.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

5 Tips Harga Mobil Bekas Honda Tetap Stabil

Hampir bisa dipastikan kalau harga mobil bekas Honda saat dijual pasti mengalami penurunan. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah harga mobil bekas Honda terjun bebas, solusinya adalah mengganti sparepart penting agar performa mobil bekas Honda milikmu bisa digunakan berkendara dengan nyaman, aman, dan dalam kondisi terbaiknya sehingga customer tidak akan sungkan membeli dengan harga berapapun. Penasaran 5 sparepart apa saja yang harus diganti agar mobil bekasmu terjual mahal? Yuk disimak ulasannya.​

Baca Lebih »

Ch.1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 2

Hoax kalau ada yang bilang belajar mekanisme mobil itu sulit. Di sini kamu bakal tahu seberapa mudahnya ditambah kalian bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di sini! Onderdil mobil Honda kamu rusak? Hubungi Bravo Motor 031-5324508!

Baca Lebih »

Ch. 1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 1

Tujuan mesin pembakaran dalam adalah memroduksi Daya Mekanis. Mesin mobil pada dasarnya terdiri dari 2 jenis. Apa saja jenis itu? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja istilah teknis dari permesinan? Temukan jawabannya hanya di Bravo Motor Blog!

Baca Lebih »