Apa itu Nomor VIN?

Bagaimana kamu menggunakan nomor rangka

Share to

Daftar Isi

Sebagai pengguna mobil yang sejati, kamu harus tahu banyak hal penting. Selain harus rapi menyimpan dokumen penting seperti SIM dan STNK, kamu juga harus teratur dalam merawat mobil. Namun demikian, terdapat satu hal yang biasanya pengguna mobil sering tidak paham yaitu nomor VIN atau kepanjangannya Vehicle Identification Numbers. Dalam bahasa Indonesia ini disebut nomor rangka. Nomor VIN adalah pengetahuan dasar bagi sebagian orang tapi diantara sebagian orang itu pun, tidak banyak yang paham arti setiap angka dan huruf yang ada di sana.

Apa sih VIN itu?

Nomor VIN adalah 17 digit nomor yang dimiliki mobil dimana nomor ini mengandung identifikasi tertentu mulai dari negara pembuat sampai nomor seri mobil. Nomor ini adalah nomor unik, artinya mobil yang satu tidak akan punya nomor VIN yang sama dengan mobil lainnya di dunia ini.

Nomor VIN
Sumber: https://boodmo.com/

Kegunaan Nomor VIN

Pertanyaan selanjutnya adalah kegunaan nomor VIN yang sebagian orang tidak tahu. Nomor VIN adalah DNA dari sebuah mobil; nomor ini juga terdaftar di dunia yang menjadi penanda bahwa mobil kalian adalah mobil resmi dan bukan buatan instansi ilegal.

Kegunaan nomor rangka yang paling utama adalah untuk identifikasi spare parts mobil kamu ketika mau beli onderdil. Mungkin ketika beli onderdil kamu cuma menyebutkan model mobil dan tahun keluarannya, mungkin dengan jenis transmisi dan jenis valve mesin. Tetapi ada kalanya penjual spare parts mobil butuh nomor rangka untuk memastikan barang yang kalian ingin beli itu benar dan bakal cocok dengan mobil kalian.

Jangan kaget jika beberapa penjual spare part mobil menanyakan nomor rangka

Dimana Bisa Menemukan Nomor VIN?

Berbeda dengan nomor plat yang kalian bisa lihat di setiap mobil bahkan ketika menyetir di jalan raya, tidak banyak orang tahu dimana bisa menemukan nomor VIN. Singkat cerita, nomor VIN bisa ditemukan di dashboard mobil kamu. Untuk bisa membaca dengan jelas, kamu harus keluar dari mobil dan mengamati bagian ujung bawah di pojok kaca depan mobil. Kadang nomor ini bisa berada di frame pintu juga.

Nomor rangka juga terletak pada STNK

Kupas Tuntas Nomor VIN

Okay, mari sekarang kita kupas tuntas kode sandi VIN ini lengkap dengan artinya masing-masing.

• Digit 1 – Country of Manufacture

• Digits 2-3 – Manufacturer

• Digits 4-8 – Brand, Engine and Size

• Digit 9 – Security Code

• Digit 10 – Model Year

• Digit 11 – Assembly Plant

• Digit 12-17 – Serial Number

Sudah cukup sekian ilmu tentang VIN ini. Semoga bermanfaat! Dan semoga kamu tidak kaget jika penjual spare part minta lihat nomor rangka kamu!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

Cara Merawat Ban Mobil

Seseorang yang suka bahas tentang ban mobil biasanya adalah orang maniak mobil. Ada banyak kabar burung tentang merk ban apa yang keren dan bagus tanpa seseorang benar-benar paham bagaimana karet ban yang bagus. Sedikit edukasi tentang ban akan sangat berguna. Jika kamu memang engga tahu gimana cara merawat ban kamu, ini saat nya kamu belajar dan membagikan artikel ini ke teman-teman kamu.

Baca Lebih »