Apa itu immobilizer mobil key kunci kontak

Daftar Isi

Immobilizer Mobil

Hampir seluruh mobil yang di produksi sejak tahun 2018 dilengkapi dengan immobilizer key / kunci kontak dengan chip. Sayangnya, fitur keamanan ini sering diabaikan bahkan tidak diketahui sebagian orang, bahkan pabrik mobil lupa memamerkan sistem keamanan satu ini ketika launching.

Apa itu immobilizer mobil? Dan kenapa pembeli mobil harus tahu ini?

Orang banyak bertanya apa itu immobilizer mobil? Immobilizer sendiri adalah sebuah sistem keamanan anti maling yang memanfaatkan key fob (atau bahasa Indonesianya adalah kunci kontak) dengan chip yang terenkripsi. Ketika key fob / kunci kontak ini berada pada jarak tertentu dari tombol start, key fob ini barulah akan melempar "kode rahasia" kepada sistem ECU mobil sehingga barulah mesin mobil bisa menyala. Cuma dengan chip yang benarlah mesin mobil baru bisa menyala. Jadi, immobilizer mobil atau immobilizer key atau kunci kontak immobilizer pada dasarnya membahas hal yang sama yaitu sebuah sistem keamanan mobil.

Beberapa vendor sistem keamanan mobil juga punya apa yang namanya sistem autentikasi dua faktor. Selain dengan "kode rahasia", chip menerima kode acak dari mobil dimana kode ini diproduksi setiap kali mesin mobil menyala. Kedua kode rahasia ini akan dicek ECU begitu kunci mobil dimasukkan kedalam switch engine start atau ketika kunci mobil berada pada jarak 1 meter.

Apa yang akan terjadi jika seseorang bawa key fob yang salah?

Gampang. Sistem komputer mobil akan mendeteksinya dan tidak akan menyala sampai key fob yang benar dimasukkan ke switch engine. Kalian bisa saja telpon truck untuk angkut mobil kalau mau...

Kenapa immobilizer ini penting?

Immobilizer mobil sangatlah penting untuk mendeteksi pencuri mobil dengan metode hot wiring atau dengan metode tradisional dengan bermain-main menggunakan obeng. Ini seperti sebuah lapisan keamanan ekstra disamping alarm mobil.

Bagaimana jika kunci mobil atau key fob hilang?

Yang perlu kalian lakukan adalah pergi ke dealer resmi mobil kalian untuk dinonaktifkan dan mintalah kunci yang baru. Tentunya kalian harus bawa bukti kepemilikan mobil yang formal dan resmi, dan sejumlah uang yang tidak murah.

INGAT: Ketika mau beli mobil, belilah mobil dengan sistem immobilizer!

Kalau ganti ECU, apakah kunci kontak dengan immobilizer tidak berfungsi?

Tepat sekali. Jika kamu ganti ECU mu, maka kunci kontak mu harus disetting ulang oleh dealer atau oleh ahli kunci immobilizer. Biayanya tentu cukup menguras kantong.

Post Terbaru

Inilah Ciri Kampas Rem Mobil Habis yang Wajib Kamu Pahami

Sistem pengereman pada mobil harus senantiasa dalam keadaan prima karena erat kaitannya dengan keselamatan berkendara. Tanpa sokongan performa yang bagus pada piranti ini pengendara mobil tidak akan merasa aman serta nyaman sepanjang melaksanakan perjalanan. Inilah ciri kampas rem mobil habis yang wajib kamu pahami agar tidak meninggal sia-sia.

Baca Lebih »