7 Cara Hindari Ngantuk Berlebihan Ketika Nyetir

Mencegah pipi memar akibat tamparan Anda sendiri

Share to

ngantuk berlebihan

Daftar Isi

Ada satu kesalahan seseorang yang tidak bisa dibendung ketika menyetir yaitu mengantuk. Bukan hanya ngantuk di pagi hari atau malam hari, bahkan ngantuk berlebihan juga bisa terjadi di siang bolong. Mengantuk, dalam bahasa inggris disebut sleepy, akan sangat parah jika seseorang mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Mengantuk setelah makan terlalu banyak akan sangat berbahaya jika seseorang harus menyetir. Lebih parah lagi, ngantuk berlebihan merupakan salah satu penyebab terbesar kecelakaan setelah mabuk.

Terdapat 3 penyebab utama mengantuk: yang pertama jelas karena kurang istirahat, kedua karena makan banyak karbohidrat, dan ketiga kelelahan berlebih.

Bahaya Ngantuk Berlebihan ketika Nyetir Mobil

Menyetir sambil mengantuk adalah sebuah tindakan tidak bertanggung jawab dimana sebuah kecerobohan ini bisa membunuh nyawa orang yang tak bersalah. Cara agar tidak mengantuk yang paling mudah adalah tidur. Ya, tidur 7 sampai 8 jam sehari akan sangat membantu mengurangi ngantuk berlebih di hari berikutnya. Tapi tergantung juga dengan kondisi kesehatan seseorang. Beberapa orang dengan kondisi fisik tertentu bisa jadi dia memang sering mengantuk akibat kurangnya darah walaupun sudah tidur lama.

Berikut adalah Cara agar Tidak Mengantuk di Jalan

1. Jangan makan terlalu banyak atau sedikit sebelum menyetir

Pada dasarnya, makan terlalu banyak bisa membuat seseorang mudah mengantuk. Apalagi jika yang dimakan terlalu banyak kandungan karbohidrat. Makanan manis juga penyebab badan cepat lelah dan mudah mengantuk. Beberapa sumber malah mengatakan makanan berlemak lebih berbahaya jika dikaitkan dengan ngantuk berlebih. Well, intinya jangan makan all you can eat sebelum bepergian jauh.

2. Hindari menyetir sehari setelah mabuk

Sehari setelah mabuk, badan dan otak berada pada kondisi hangover. Kondisi hangover ada yang bilang sama bahayanya dengan kondisi mabuk. Kondisi ini membuat kalian mengantuk dan pusing di saat bersamaan. Jadi jika rencana mau mabuk-mabukan sendiri (kalau mau berbuat dosa pribadi :P) lebih baik tidak menyetir sampai lewat 2 hari.

Menyetir sehari setelah mabuk-mabukan sama bahayanya dengan ketika mabuk

3. Ajak orang yang suka ngobrol di dalam satu mobil

Jika kalian jalan-jalan dengan beberapa teman, pilihlah orang paling cerewet untuk jadi co-driver. Biarkanlah yang diam duduk tenang di posisi paling belakang. Keramaian dan canda gurau co-driver bisa jadi salah satu cara agar mengantuk bisa dihindari. Bila perlu ajaklah teman-teman bikin teka-teki yang butuh mutar otak.

4. Putar album Spotify favoritmu

Bisa jadi itu lagu, podcast atau apapun itu. Putarlah sesuatu yang asik didengar bersama penumpang di belakang. Semakin kamu putar lagu yang asik dan menyanyi bersama, semakin kamu tidak akan mengantuk.

5. Kopi hitam - pergi ke warung kopi boleh jadi tips tidak mengantuk

Aturan ini cuma berlaku kepada non pecandu kopi. Orang yang terbiasa minum kopi akan kebal terhadap efek kafein. Kalian yang sudah biasa minum kopi bisa minta extra shot agar lebih nendang.

Tidak sedikit jalan tol yang dilengkapi dengan tempat peristirahatan. Gunakan momen ini untuk minum kopi sampai mengistirahatkan mata kalian dan ke toilet.

6. Jangan turunkan suhu AC sampai-sampai kalian menggigil

Suhu dingin mengakibatkan badan kalian mengalami Temperature Homeostatis atau artinya badan kalian berfungsi sebagai termostat di suhu 36 - 38 derajat Celsius. Jika suhu terlalu dingin, suhu badan akan jatuh di bawah 35 derajat Celsius dan hipotermia akan terjadi. Hipotermia akan mengakibatkan ngantuk berlebih.

7. Kurangi gula

Segala makanan manis akan mengakibatkan ngantuk berlebih. Jangan terjebak dengan pizza dan nasi goreng. Pizza, karena banyak karbohidrat, juga akan menyebabkan rasa ngantuk berlebih. Ingat, karbohidrat akan dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana dimana senyawa ini adalah gula.

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

Apa itu Nomor VIN?

Nomor rangka atau nomor VIN adalah DNA dari mobil dimana nomor ini sangat penting untuk beli parts ataupun urusan legal hukum. Penasaran cara baca nomor VIN?

Baca Lebih »