6+ Tips Mobil Awet Saat Working From Home

Share to

  • 2
    Shares

Tips Mobil Awet Saat Working From Home

Daftar Isi

Masa-masa sulit dimana Korona (Covid-19) sangat berjaya adalah momen dimana kita tidak berani bepergian ke luar rumah dan memaksa kita untuk Working from Home (WFH). Momen ini juga yang membuat mobil kesayangan kita tergeletak di garasi ataupun di tempat parkir outdoor. Faktanya mobil yang tergeletak dan terkapar lebih dari satu hari akan mengalami beberapa kendala. Untuk itu ikuti 6+ Tips Mobil Awet Saat Working From Home di bawah ini.

1. Periksa Kondisi Mobil

Segera ke bengkel terdekat di kota kamu untuk memeriksa dan menyervis mobil kesayangan kamu mulai dari air radiator, kekentalan dan volume oli mesin mobil, kondisi ban serep, kualitas aki, tekanan udara ban utama dan serep, kondisi timing belt, serta kondisi master oli rem.

2. Periksa Kondisi Tempat Parkir

Apakah Indoor pasti lebih aman daripada outdoor? Memang indoor kelihatannya lebih aman dari outdoor, tetapi parkiran indoor juga ada beberapa risiko salah satunya risiko ada serangga atau tikus yang menjadikan kap mesin mobil kamu sebagai sarang.

Oleh karena itu, hindari parkir mobil di tempat dekat sampah atau selokan terbuka. Pastikan seluruh garasi kamu tertutup rapat dari akses segala binatang.

Untuk parkiran outdoor, pilihlah tempat parkir yang punya atap agar cat mobil kamu tidak meleleh dan interior kamu tidak mencair. Sinar matahari yang panas, apalagi di Indonesia, mampu menaikkan suhu kokpit mobil sedemikian hingga furniture interior kamu yang terbuat dari karet atau plastik bisa meleleh.

Jika terpaksa parkir di tempat outdoor, sangatlah penting membuka sedikit kaca jendela agar suhu interior tidak terlalu tinggi. Jangan lupa jika kamu mau melakukan hal ini, parkirlah mobilmu di tempat yang terjangkau guna menghindari pencurian mobil.

3. Sapu Bersih Interior Mobil

Interior mobil yang kotor bisa menjadi sarang penyakit. Kotor biasanya identik dengan bau tak sedap. Bau tak sedap identik dengan serangga dan tikus. Ingat bahwa tujuan kita working from home adalah mendapatkan rasa aman alias mengurangi masalah. Jika serangga atau tikus sampai masuk ke interior mobil, bukan aman melaikan malapetaka yang ada.

Dashboard, jok mobil, plafon, karpet dan laci-laci interior haruslah kalian bersihkan dengan seksama. Laci-laci dan furniture mungkin mudah dibersihkan, tetapi bagian-bagian yang mengandung unsur "kain" relatif lebih sulit dibersihkan. Gunakan vacuum cleaner bila perlu.

4. Mandikan Mobil

Mencuci eksterior mobil dengan sabun khusus akan menambah umur cat mobil kamu. Jangan gunakan sabun cuci piring atau sabun cuci baju. Gunakan sabun mobil khusus yang mengandung bahan yang bersahabat dengan wax mobil.

Di masa karantina ini, alangkah baiknya kalian belajar lebih mandiri dan menyayangi mobil karena mobil juga merupakan aset kalian untuk bertemu klien.

5. Rajin Menyalakan Mesin 10 Menit

Cukup 10 menit kamu harus membiarkan mobil kamu menyala. Kenapa harus menyalakan mobil?

Mesin mobil yang tidak beroperasi akan membuat oli mesin turun sampai ke dasar rumah engkol. Oli mesin yang berfungsi sesuai standard adalah oli yang mampu melumasi seluruh poros engkol sampai stang seher.

Apabila oli ini bermalasan di dasar rumah engkol, begitu kamu start mobil, gesekan amat dahsyat terjadi di koneksi-koneksi antara stang seher dan poros engkol; crank pin; stang seher dan piston; wrist pin; piston ring dan cylinder liner. Tepat sekali seperti yang kamu duga, sparepart-sparepart ini akan aus seketika dan jika kalian sial, akan ada suku cadang yang bakal patah akibat pemuaian.

6. Belilah Sparepart Mobil di Toko Terpercaya

Setelah kamu menemukan kendala di salah satu suku cadang mobil, kamu harus segera pergi beli ke toko sparepart mobil terdekat di kota kamu sebelum terjadi lockdown total. Jangan asal beli di toko sembarangan. Belilah di toko yang terpercaya seperti Bravo Motor.

Bravo Motor adalah toko sparepart mobil Honda terpercaya yang berdiri sejak 1996. Handal dan bersaing adalah moto kami. Harga yang dijual pun sesuai kualitas. Transparansi barang adalah mutlak. Jika mobil Honda kamu butuh sparepart yang harus diganti, segeralah ke Bravo Motor.

Demikianlah tips-tips mobil awet saat working from home yang bisa kami bagikan buat kamu. Nantikan tips-tips berikutnya hanya di Bravo Motor Blog!

Segera Hubungi Bravo Motor di nomor telepon (031) 5324508 atau email di [email protected].

Kamu juga dapat langsung mengunjungi alamat berikut setiap Senin-Sabtu pada jam 09.00-17.00 WIB

Jangan lupa bagikan artikel "6+ Tips Mobil Awet Saat Working From Home" ini di media sosial kamu ya!​

Post Terbaru

Apa itu Nomor VIN?

Nomor rangka atau nomor VIN adalah DNA dari mobil dimana nomor ini sangat penting untuk beli parts ataupun urusan legal hukum. Penasaran cara baca nomor VIN?

Baca Lebih »