5 Sparepart Mobil Honda Yang Wajib Diganti

Daftar Isi

Sparepart mobil merupakan komponen penting yang harus diperhatikan khusunya bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil pribadi, tentunya memastikan kondisi mobil selalu baik menjadi hal yang penting. Apalagi jika mobil  kamu merupakan mobil pribadi yang kamu selalu gunakan pada kegiatan sehari-hari.

Tentunya  mobil mogok tiba-tiba dijalan merupakan hal yang sangat menjengkelkan, apalagi ketika kamu buru-buru karena ada perlu, tahukah kamu bahwa mogoknya mobil ini biasanya terjadi karena adanya sparepart mobil kamu yang sudah tidak berfungsi alias mengalami kerusakan.

Kebanyakan orang ketika service mobil hanya mementingkan komponen seperti rem dan aki saja hingga untuk sparepart mobil lainnya tidak pernah diperhatikan kondisinya. Padahal kamu harus juga merawat dan memperhatikan sparepart mobil lainnya untuk menjaga power dan kinerja mobil kamu selalu stabil dan baik.

Jenis Sparepart Mobil Yang Wajib Diganti Rutin

5 Sparepart Mobil Honda Yang Wajib Diganti

Setiap mobil tentunya memiliki spesifikasi  untuk menjaga kestabilan sparepart,  karena sparepart mobil juga akan dipengaruhi spesifikasi daripada kendaraan tersebut. Umur dari sparepart mobil juga bisa dipengaruhi  intensitas dari penggunaan kendaraan  ini. Untuk dapat menghindari mobil kesayangan kamu tiba-tiba mogok, ada beberapa sparepart pada mobil kamu yang harus kamu ganti secara rutin. Sparepart mobil kamu adalah :

1. Penyaring Dalam Oli Mesin

Sesuai dengan namanya, penyaring oli mesin ini memiliki fungsi dalam menyaring oli, sebelum oli masuk ke sistem mekanis dalam pelumasan mesin. Idealnya penyaring pada oli mesin ini kamu ganti setahun 2x atau juga bisa ketika kendaraan telah menempuh jarak 4500 sampai 7500 kilometer.

2. Karet Wiper

Wiper ini memiliki fungsi sebagai pengering juga bisa sebagai penyapu air pada mobil yang jatuh kemudian menempel di kaca mobil. maka jika wiper ini tidak dapat berfungsi dengan cukup baik maka tentunya akan sangat mengganggu pandangan kamu ke jalan dan juga kendaraan lainnya. Gantilah wiper blade dan karet wiper, Minimal 2 tahun sekali.

3. Kampas Rem

Rem merupakan bagian sparepart yang sangat vital. Banyak sekali kecelakaan yang fatal karena rem yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Yang perlu  kamu ingat kampas rem  jenis mobil pada bodi yang berukuran besar tentunya akan lebih cepat sekali aus dibanding dengan  kanvas rem mobil yang berbodi kecil. Penggantian sebuah kanvas rem disarankan s3 tahun dan jangan sampai lebih dari 5 tahun. Atau ketika mobil sudah memiliki jarak tempuh sekitar  50.000 – 105.000 kilometer.

4. Ban Mobil

Ban mobil ini merupakan sparepart yang wajib juga diperhatikan penggantiannya secara rutin. Permukaan pada ban yang telah aus ini akan menjadi sangat licin dan akan sangat berbahaya bagi pengendara mobil saat musim hujan. Sangat disarankan untuk melakukan penggantian setiap 7 tahun sekali

5. Aki Mobil

Untuk aki mobil ini jika penggunaan mobilnya  normal dan juga dalam suhu yang tidak begitu panas aki dapat tahan sampai dengan 5 tahun. Tapi karena bagian aki ini begitu penting pada mobil, sebaiknya kamu ganti aki ketika pemakaian mobil kamu sudah selama 2-3 tahun.

karena memiliki kendaraan mobil yang baik kondisi luar dalamnya merupakan hal yang wajib bagi sang pemiliki mobil maka merawatnya merupakan hal yang wajib pula untuk dilakukan agar perjalanan kamu selalu nyaman dan aman bersama keluarga dan orang-orang terdekat kamu, jadi jangan lupa untuk selalu mengganti sparepart mobil kesayangan kamu secara rutin sesuai yang kami sarankan diatas ya. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba!