Sistem kemudi dan suspensi adalah komponen penting dari kendaraan apa pun, yang bertanggung jawab untuk menjaga kendaraan tetap stabil dan halus saat mengemudi. Sistem ini terdiri dari berbagai bagian, termasuk peredam kejut, link stabil, rack end, tie rod end, dan karet seperti bushing arm, karet stabil serta support skok breaker. Namun, di negara-negara berkembang, onderdil ini rentan terhadap kerusakan, yang menyebabkan peningkatan biaya perawatan dan masalah keamanan.
Di blog ini, saya akan mengeksplorasi alasan mengapa suku cadang ini lebih rentan untuk rusak di negara berkembang seperti di Indonesia.
Kondisi jalan yang buruk
Salah satu alasan utama mengapa peredam kejut, link stabil, tie rod end, rack end, dan karet suspensi (bushing arm, dll) lebih sering rusak di negara berkembang adalah kondisi jalan yang buruk dan material jalan yang tidak memadai. Negara-negara berkembang kebanyakan memiliki infrastruktur jalan yang tidak memadai, seperti banyak lubang, permukaan yang tidak rata, polisi tidur dan cacat jalan lainnya.
Cacat jalan ini memberikan tekanan tambahan pada sistem kemudi dan suspensi, yang menyebabkan keausan dini. Peredam kejut, misalnya, dirancang untuk meredam goncangan dari lubang di jalan. Namun, jika kondisi jalannya buruk, peredam kejut harus bekerja lebih keras, yang menyebabkan rusak prematur.
Suku cadang kualitas jelek
Alasan lain mengapa suku cadang ini lebih rentan rusak di Indonesia adalah penggunaan bahan dan material berkualitas rendah. Di banyak negara berkembang, pemilik kendaraan cuma mampu beli suku cadang yang murah untuk menghemat uang. Namun, sering kali parts ini tidak memenuhi standar. Niatnya mau hemat tetapi malah tekor akibat kerusakan mobil yang lebih parah. Terutama jika beli barang-barang di online shop, biasanya (tidak selalu) barangnya kualitas rendah.
Kelebihan beban
Di banyak negara berkembang, kendaraan sering kelebihan beban dengan penumpang atau kargo. Ini memberi tekanan tambahan pada sistem kemudi dan suspensi, yang menyebabkan kerusakan dini. Kelebihan beban juga dapat menyebabkan keausan yang tidak merata pada ban, yang selanjutnya dapat memperburuk masalah.
Kurangnya perawatan
Pemeliharaan rutin sangat penting untuk menjaga sistem kemudi dan suspensi dalam kondisi baik. Namun, di negara-negara berkembang, pemilik kendaraan mungkin tidak memiliki akses ke fasilitas pemeliharaan yang tepat atau mungkin tidak memprioritaskan pemeliharaan karena kendala keuangan.
Akibatnya, sistem kemudi dan suspensi mungkin tidak menerima pemeliharaan dan perbaikan yang diperlukan, yang mengarah ke keausan prematur. Misalnya, jika peredam kejut tidak diganti saat usang, mereka bisa bocor, menyebabkan peningkatan risiko kecelakaan.
Suhu ekstrem
Suhu ekstrem, seperti terlalu panas atau kelembaban tinggi, dapat mempercepat kerusakan bagian karet pada sistem kemudi dan suspensi. Bagian karet, seperti bushing dan dudukan skok (bahkan pangkon mesin sekalipun), adalah komponen penting dari sistem suspensi, yang memberikan redaman dan efek nyaman.
Namun, di negara berkembang dengan suhu dan kelembaban tinggi, bagian-bagian karet dapat getas dengan cepat, retak halus, yang menyebabkan kerusakan dini. Misalnya, jika bushing karet di sistem suspensi getas atau retak, kendaraan dapat mengalami peningkatan getaran yang mengurangi kenyamanan. Bahkan pangkon mesin yang karetnya tebal sekalipun tidak bisa melawan keretakan akibat panasnya suhu di negara tropis.
Kesimpulan
Untuk meminimalkan risiko kerusakan, penting untuk menggunakan suku cadang berkualitas tinggi dan untuk memastikan bahwa sistem kemudi dan suspensi terus dilakukan pemeliharaan dan perbaikan rutin. Pemilik kendaraan juga harus menghindari kelebihan beban kendaraan mereka dan mengemudi dengan hati-hati di jalan yang buruk untuk mengurangi stres pada sistem kemudi dan suspensi. Selalu mengurangi kecepatan di polisi tidur adalah tips paling mudah untuk dilakukan.
Selain itu, pemerintah di negara-negara berkembang dapat berinvestasi dalam meningkatkan infrastruktur jalan dan mempromosikan penggunaan suku cadang berkualitas tinggi. Mereka juga dapat menyediakan akses ke fasilitas pemeliharaan yang terjangkau dan mempromosikan praktik mengemudi yang aman untuk mengurangi risiko kecelakaan.
Secara keseluruhan, sistem kemudi dan suspensi adalah komponen penting dari kendaraan apa pun, dan penting untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan benar untuk memastikan keamanan dan kinerja yang optimal.