4 Tips Merawat Aki Basah Mobil Honda Selalu Awet

Daftar Isi

Merawat Aki Basah Mobil Honda. Aki basah mobil memiliki energi listrik yang gunanya untuk dapat menyalakan mesin juga menjaga mobil tetap berjalan. kalau saja aki sudah bermasalah maka mobil pun tidak bisa berjalan dengan semestinya. Maka ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga aki mobil selalu berfungsi dengan baik.

Seperti beberapa diantaranya kamu harus selalu membersihkan aki secara rutin, jangan lupa untuk selalu mengencangkan penahannya, dan kamu juga bisa menggunakan isolasi dalam melindungi aki dari suhu yang dingin, lalu  pertahankan juga level cairannya.

Untuk selalu menjaga power dari aki mobil basah kamu, usahakan untuk mengendarai mobil dengan sering dan cabut peralatan apa pun ketika mobil sedang tidak berjalan. untuk harganya tentu bermacam-macam, dari yang murah sampai mahal semua ditentukan kualitas dan popularitasnya, Jika aki dirawat dengan baik, baterai  kamu bisa bertahan selama bertahun-tahun loh.

Kami akan memberikan Iinformasi selengkapnya dalam tips merawat aki basah mobil kamu dengan baik dan benar, simak dibawah ini ya

Cara Merawat Aki Basah Mobil Tidak Gampang Melemah

4 Tips Merawat Aki Basah Mobil Honda Selalu Awet

Aki memiliki dua jenis, ada yang kering dan basah, apa perbedaannya? aki kering tidak memerlukan perawatan, karena jika sudah soak bisa kamu langsung buang atau ganti, berbeda dengan aki mobil basah, aki basah membutuhkan perawatan yang cukup intensif dalam menjaga kinerjanya agar tetap maksimal.

Tapi yang perlu kamu ingat, perawatan aki basah yang dijelaskan diatas bukan Cuma tentang isi ulang cairannya ketika berkurang, namun juga berhubungan  dengan menjaga kebersihannya, pemeriksaan dengan rutin dan hal lain-lainnya.

Berikut ini sejumlah trik dalam menjaga kinerja dari aki basah mobil kamu tetap powerful alias optimal.

Periksalah Aki Dengan Rutin

pemeriksaan rutin pada aki juga seluruh komponennya merupakan hal yang wajib dilakukan. Kamu  bisa memulai pemeriksaan aki dengan cara :

  • Cek keretakan pada bagian bodi aki
  • Jangan lupa untuk pastikan tutup atau knop lengkap dan juga menempel dengan kuat
  • pastikan juga tidak ada satupun kabel yang rusak atau mengelupas
  • pastikan tidak ada juga satupun karat juga bekas pengapuran pada bagian terminal. kalau ternyata ada, kami sarankan untuk langsung kamu hilangkan menggunakan amplas atau bisa juga sikat kawat
  •  tutup terminal aki menggunakan penutup karet.
  • Gunakan Air Aki Dengan Sesuai

Kamu harus selalu memastikan bahwa cairan aki selalu dalam volume maksimal, paling tidak dalam level yang aman. Soalnya , cairan ini benar-benar berguna dalam menyimpan sebuah cadangan listrik pada aki. Ketika cairan akinya berkurang, maka otomatis power aki ketika menyimpan listrik juga akan berkurang.

Di pasaran kamu akan menemukan 3 jenis air aki, yaitu aki pada botol merah, accu zuur, dan terakhir aki dibotol biru. Kalau kamu ingin isi ulang, pastikan kamu memakai air aki pada botol biru saja.

  • Pentingnya Panasi Mesin

Memanasi mobil merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam merawat aki mobil kamu tetap awet, lakukan paling tidak 10 menit. Memanasi mobil ini berguna untuk  meratakan sirkulasi pada oli dalam mesin dan ini berhubungan dengan kekuatan atau performa mobil.

  • Jangan Lupa Matikan Semua Perangkat Mobil Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Hal ini biasanya disepelakan namun berakibat cukup fatal dalam kerusakan aki mobil kamu, kamu harus pastikan mematikan semua perangkat dari elektronik mobil, seperti  contohnya tape, lampu dan lain-lain.

Dengan kamu melakukan perawatan yang rutin, aki basah mobil kamu pun akan memiliki daya pakai dan kekuatan yang tidak kalah dengan aki mobil kering. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!