Mengenal 4 Tanda Shockbreaker Mobil Rusak

Daftar Isi

Shockbreaker Mobil Rusak. Dalam sistem suspensi ada beberapa yang menggunakan sebuah karet support shockbreaker. Nah  Karet shockbreaker ini memiliki fungsi dalam menambah sebuah peredaman kejutan pada permukaan jalan pada bodi mobil. Namun sering juga terjadi beberapa kerusakan di bagian karet support shockbreaker. Bagaimanasih ciri-ciri karet shockbreaker yang rusak?

Karet support shockbreaker ini memiliki peranan cukup penting dalam sistem suspensi. Selain untuk menambah sebuah peredaman kejutan, karet shockbreaker ini juga berfungsi menjadi rumah atau juga dudukan pada pegas koil.

Karet support shockbreaker ini terbuat dari bahan seperti karet plastik yang bisa mudah mengalami sebuah kerusakan. Penyebab dari kerusakan karet shockbreaker ini sebenarnya banyak seperti pengemudian ugal-ugalan atau liar tanpa kamu perdulikan lubang ataupun tonjolan, kotoran atau juga debu, hewan, dan juga berbagai penyebab yang lainnya.

Oleh sebab itu tentu diperlukan sebuah perbaikan juga perawatan karet  shockbreaker supaya tidak mudah timbul sebuah kerusakan. Namun sebelum kamu mengetahui cara untuk merawat sebuah karet  shockbreaker ini. tentu kamu perlu tahu dulu apa saja ciri-ciri karet shockbreaker mobil rusak.

baca juga : penyebab shochbreaker mobil rusak

shockbreaker mobil rusak

Kok Timbul Suara Ya Dekat Shockbreaker? Shockbreaker Mobil Rusak ?

Ada sejumlah tanda atau bisa dibilang gejala yang akan timbul jika terjadi sebuah kerusakan pada karet shockbreaker. Untuk lebih jelasnya lagi dibawah ini pembahasan tentang ciri-ciri karet  shockbreaker mobil rusak.

1. Timbul Suara

Timbulnya suara yang cukup berisik disekitar sparepart shockbreaker ini merupakan salah satu dari gejala kerusakan pada sebuah karet support shockbreaker. Selain sebagai  sebuah dudukan atau juga bantalan untuk pegas suspensi, karet support shockbreaker ini juga berfungsi untuk peredam kejutan tambahan supaya suspensinya lebih empuk.

Apabila karet shockbreaker ini rusak, atau udah keras maka tentunya proses untuk peredaman juga bisa berkurang. Akibatnya pegas nantinya bertumbukan langsung dengan sebuah dudukan dan juga akan menimbulkan sebuah bunyi gluduk-gluduk.

2. Pengemudian Kendaraan Yang Sulit

Kerusakan karet shockbreaker ini dapat menyebabkan sebuah oksilasi berlebihan karena kejutan yang diterima permukaan jalan. Oksilasi berlebihan ini bisa menimbulkan banyak hal berupa bouncing,yawing, pitching dan ini bisa mempersulit pengendalian kendaraan. Nantinya Kendaraan  berayun-ayun sehingga efek yang ditimbulkan kendaraan oleng kekanan juga kekiri sesuai dengan arah dari oksilasi.

3. Shockbreaker Mobil Rusak – Kemudi Condong Ke Satu Sisi

Jika kerusakan pada karet shockbreaker ini hanya terjadi dalam satu sisi maka nantinya akan menyebabkan kendaraan jadi oleng pada satu sisi.  Dan Akibatnya kemudi bisa menarik di satu sisi pada arah karet yang mengalami kerusakan, dan pada akhirnya kendaraan sulit untuk di kendalikan. Walaupun secara efek, sebuah kerusakan karet shockbreaker tidak separah kerusakan sebuah komponen sistem kemudi.

4. Kerusakan Karet Shockbreaker : Visual Pecah, Sobek, dan lain-lain.

Apabila gejala kerusakan yang dijelaskan diatas sudah terjadi pada mobil kamu maka  tentunya patut untuk kamu curigai, telah terjadi sebuah kerusakan dalam karet shockbreaker kamu. Oleh karena itu langsung saja kamu lakukan pengecekan secara visual  seperti membuka kap mesin dari kendaraan. Apabila sudah  terjadi karet shockbreaker mobil rusak seperti contohnya pecah, sobek, dan lain-lain sebagainya tentu perlu segera lakukan penggantian.

Keamanan berkendara merupakan hal nomer satu, dan keamanan berkendara merupakan tanggung jawab dari kamu sang pemilik mobilnya. Memastikan semua sparepart dalam kondisi baik dengan menservice kendaraan mobil roda empat kamu secara rutin cukup akan membuat kamu aman, untuk itu lakukan service sparepart secara rutin ya!