4 Jenis Kampas Rem Yang Wajib Kamu Ketahui

Share to

  • 7
    Shares

4 Jenis Kampas Rem Yang Wajib Kamu Ketahui

Daftar Isi

Sebelum kamu mengganti spare part mobil, apapun itu, bisa kampas rem, kampas kopling, aki, busi, dan spare part penting lainnya yang harus rutin dicek dan diganti bila kondisinya sudah aus. Kalau saat ini kamu merasa proses pengereman mobil kurang bagus, itu berarti kampas rem mobil milikmu sudah aus.

Kalau sudah begini, ada baiknya kamu mengecek keadaan kampas rem mobilmu. Karena bila kamu tetap tidak menghiraukan kondisi spare part kampas rem mobil yang sudah mau habis, rem mobilmu bisa tidak berfungsi.

Kalau rem mobil tidak berfungsi, maka hal ini bisa membahayakan pengendara mobil seperti tabrakan dengan pengendara mobil lain, menabrak trotoar, atau bahkan menabrak pejalan kaki di trotoar.

Untuk itu, mengecek spare part kampas rem merupakan keharusan bagi pemilik kendaraan beroda empat. Kamu bisa mengecek kampas rem depan dan kampas rem belakang mobil.

Bila kamu sudah mengecek keadaan kampas rem dan hasil pemeriksaannya adalah kampasnya sudah habis, jangan buru-buru mengganti kampas rem dengan yang baru.

Kami sarankan kamu untuk mengetahui spesifikasi dan jenis-jenis kampas remnya terlebih dahulu supaya kamu tidak salah pilih jenis kampas rem yang cepat habis. Dimana kamu bisa mendapatkan informasi ini?

Well, beruntungnya, dalam artikel ini, kamu bisa mendapatkan materi edukasi tentang jenis-jenis kampas rem yang harus kamu ketahui. Setidaknya ada 4 kampas rem yang harus kamu ketahui agar nantinya kamu bisa memilih jenis mana yang cocok sesuai kebutuhan dan bujet dompet kamu.

Berniat Ganti Kampas Rem? Pastikan Kamu Tahu 4 Jenis Kampas Rem Dibawah ini

Untuk kamu yang ingin belajar tentang spesifikasi dan jenis kampas rem yang siapa tahu akan cocok dengan mobil milikmu. Setidaknya ada 4 macam spesifikasi dan jenis yang harus kamu ketahui, apa saja? Yuk disimak ulasannya dibawah ini;

1. Kampas Rem Semi-Metalik

Jenis kampas rem pertama yang harus kamu ketahui adalah kampas rem semi-metalik. Jenis kampas rem ini memiliki karakteristik bagus yang punya daya tahan lama dan juga memiliki tipe transfer yang panas. Namun kekurangannya adalah kampas rem ini memiliki tingkat ke-ausan cakram yang lebih cepat habis.

Untuk material kampas rem semi-metalik ini menggunakan material bahan dasar sintetis organic yang dicampur dengan olahan campuran metal. Karena bahan material inilah, jenis kampas rem metalik punya daya tahan panas yang baik.

2. Kampas Rem Tipe Non-Asbes Organik

Kampas rem jenis kedua adalah kampas rem non-asbes organik yang memiliki keunggulan dari segi kelunakan kampasnya sehingga ketika kamu mencoba mengerem, kamu tidak akan mendengar bunyi decit yang mengganggu. Meskipun begitu, salah satu kekurangan jenis kampas rem kedua ini adalah mudah cepat heabis. Maka dari itu, kamu harus rajin mengecek kampas rem secara rutin.

Keunggulan lainnya dari kampas rem ini adalah dihilangkannya penggunaan material asbestos yang diduga menjadi penyebab kanker paru-paru yang membahayakan pengguna mobil. Maka dari itu, sebagai bahan pengganti material asbestos, digunakanlah kombinasi karet, kaca, karbon, resin, dan masih banyak lagi.

3. Kampas Rem Tipe Non-Asbes Organik Bermetal Rendah

Masih sama dengan tipe sebelumnya yang meniadakan material asbestos, jenis cakram organik ini punya keunggulan yang lebih baik dari kampas rem bermaterial metal tinggi. Namun kelemahan kampas rem non-asbes bermetal rendah ini adalah setiap kali dilakukan pengereman, terkadang masih menghasilkan bunyi yang terkadang mengganggu untuk beberapa orang.

Hubungi Bravo Motor di (031) 5324508 atau di [email protected] untuk mendapatkan kampas rem mobil Honda kamu!

Juga bisa ke alamat berikut setiap Senin-Sabtu pada jam 09.00-17.00 WIB

4. Kampas Rem Keramik

Kampas rem terakhir adalah kampas rem keramik. Jenis kampas rem terakhir ini diklaim sebagai kampas rem terbaik dibanding kampas rem sebelumnya karena bahan material dasarnya menggunakan keramik sehingga tidak meninggalkan ampas residu, bersih deh pokoknya, tidak menimbulkan bunyi mengganggu, dan pastinya tidak merusak rotor mobil. Kelemahannya mungkin bagi Sebagian orang menilai harga kampas rem ini mahal.

Jangan lupa bagikan artikel "4 Jenis Kampas Rem Yang Wajib Kamu Ketahui​" ini di media sosial kamu ya!​

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

Apa itu Nomor VIN?

Nomor rangka atau nomor VIN adalah DNA dari mobil dimana nomor ini sangat penting untuk beli parts ataupun urusan legal hukum. Penasaran cara baca nomor VIN?

Baca Lebih »