4 Efek Buruk Menggunakan Kampas Rem Palsu Untuk Mobil

Jangan beli demi murah...

Share to

4 Efek Buruk Menggunakan Kampas Rem Palsu Untuk Mobil

Daftar Isi

Sebagai pemilik mobil, kamu memiliki dua pilihan dalam memilih spare part mobil. Misalnya kamu ingin membeli kampas rem depan dan kampas rem belakang mobil. Apakah kamu ingin memilih spare part mobil ori atau palsu. Tentu kedua pilihan tersebut memiliki konsekuensi masing-masing.

Palsu di sini bukan berarti segala merk aftermarket kamu anggap palsu lho. Aftermarket ada juga yang bagus apalagi kalau direferensi oleh toko yang terpercaya. Palsu yang dimaksud di sini adalah merk yang dianjurkan oleh penjual yang tidak terkenal, punya reputasi buruk, ataupun yang baru saja main di dunia auto parts, serta merk-merk parts yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Kalau kamu memilih kampas rem asli, kamu bisa mendapatkan produk yang berkualitas. Bagaimana produk ini bisa dikatakan berkualitas? Mudah saja, salah satu kelebihan membeli produk spare part asli adalah setiap produk memiliki data dan informasi mengenai durasi pakai kampas rem dan kapan waktu kampas rem sudah harus diganti.

Kedua data ini sangat krusial bagi pemilik mobil, pasalnya, bila kamu memiliki data ini, kamu bisa menghindari kecelakaan di jalan raya akibat rem blong karena kampas rem sudah habis.

Lalu, untuk kamu yang lebih memilih menggunakan kampas rem kw atau palsu atas dasar harga yang murah. Kira-kira apa saja sih dampak buruk menggunakan kampas rem kw atau palsu? Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi kepada pembaca tentang 4 dampak buruk menggunakan kampas rem palsu untuk mobil kamu.

4 Dampak Buruk Menggunakan Kampas Rem Palsu

Dalam sub-bab ini, kamu akan mengetahui apa saja sih dampak negative menggunakan spare part kampas rem palsu atau kw untuk mobil kesayanganmu. Penasaran ingin tahu apa dampaknya? Yuk disimak ulasannya dibawah ini;

1. Kampas Rem Palsu Tidak Memiliki Jaminan Masa Pakai Yang Pasti

Salah satu kekurangan memilih kampas rem adalah tidak adanya jaminan durasi masa pakai produk spare part yang kita beli. Dalam hal ini, spare part kampas rem, kamu tidak akan tahu kapan kampas rem kw yang kamu gunakan kampasnya habis atau aus. Kenapa ini terjadi? Hal ini terjadi karena produk yang kamu beli bukan buatan pabrik produsen langsung.

Biasanya yang membuat spare part palsu itu perorangan atau bisnis yang tidak terverifikasi oleh pemerintah sehingga tidak ada buku panduan mengenai spare part yang kamu beli yang berisi durasi masa pakai produk dan kapan kampas rem harus diganti. Itulah dampak negative pertama dari membeli kampas rem kw atau palsu.

2. Kampas Rem Palsu atau KW Bisa Merusak Cakram

Kerugian kedua memilih kampas rem palsu adalah meski pembeliannya harganya murah, tapi saat kamu membawa mobil untuk service, bisa-bisa pengeluaranmu membengkak karena ada kemungkinan kampas rem palsu yang kualitasnya buruk bisa merusak cakram atau disk brake. Padahal komponen ini terbilang mahal lho, untuk seri murahnya bisa dapat 250 ribu, tapi ada juga yang mencapai 1,5 juta rupiah.

Perbandingan harganya sangat jauh, kalau beli kampas rem ori, harganya hanya 100 hingga 250 ribu, tapi saat kamu menggunakan kampas rem palsu, kamu jadi harus mengeluarkan uang lebih sebesar 1,5 juta karena cakram rem rusak parah.

Bagaimana cakram bisa rusak akibat penggunaan kampas rem palsu? Penjelasannya, disk brake atau cakram berfungsi sebagai media penekan saat melakukan pengereman yang juga melibatkan kampas rem. Saat proses braking ini, cakram mengalami gesekan jauh lebih banyak karena kampas rem sudah habis, alhasil cakram menjadi sangat panas dan terjadi kerusakan.

3. Kampas Rem Palsu Cepat Aus dan Membahayakan Pengendara Mobil

Kerugian terakhir saat menggunakan kampas rem palsu adalah kampas rem yang kamu pakai bisa cepat habis atau aus sehingga bisa membuat pengereman tersendat atau bahkan blong. Tentu ini sangat membahayakan pengendara mobil.

Hubungi Bravo Motor di (031) 5324508 atau di [email protected] untuk mendapatkan kampas rem mobil Honda kamu (bukan palsu atau kw)!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Post Terbaru

5 Tips Harga Mobil Bekas Honda Tetap Stabil

Hampir bisa dipastikan kalau harga mobil bekas Honda saat dijual pasti mengalami penurunan. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah harga mobil bekas Honda terjun bebas, solusinya adalah mengganti sparepart penting agar performa mobil bekas Honda milikmu bisa digunakan berkendara dengan nyaman, aman, dan dalam kondisi terbaiknya sehingga customer tidak akan sungkan membeli dengan harga berapapun. Penasaran 5 sparepart apa saja yang harus diganti agar mobil bekasmu terjual mahal? Yuk disimak ulasannya.​

Baca Lebih »

Ch.1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 2

Hoax kalau ada yang bilang belajar mekanisme mobil itu sulit. Di sini kamu bakal tahu seberapa mudahnya ditambah kalian bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di sini! Onderdil mobil Honda kamu rusak? Hubungi Bravo Motor 031-5324508!

Baca Lebih »

Ch. 1 – Tipe Mesin dan Karakternya – Part 1

Tujuan mesin pembakaran dalam adalah memroduksi Daya Mekanis. Mesin mobil pada dasarnya terdiri dari 2 jenis. Apa saja jenis itu? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja istilah teknis dari permesinan? Temukan jawabannya hanya di Bravo Motor Blog!

Baca Lebih »