4 Alasan Pentingnya Service Sparepart Mobil Secara Rutin

Daftar Isi

Pentingnya service sparepart mobil secara rutin merupakan hal penting yang orang-orang seringkali sepelekan. Padahal, performa dari mesin mobil bisa saja turun dan meninggalkan banyak sekali masalah pada mobil kamu.

Sebagian dari orang beranggapan bahwa service sparepart mobil secara rutin merupakan pemborosan besar. Padahal, menservice dilakukan juga untuk keselamatan kamu dalam berkendara.

Apa Alasan Pentingnya Service Sparepart Mobil Rutin?

4 Alasan Pentingnya Service Sparepart Mobil Secara Rutin
Mechanic servicing automobile car engine in repair garage

Komponen dalam mobil ini tentu membutuhkan perhatian yang lebih detail ketika melakukan perawatan. Salah satunya yang penting untuk diperhatikan adalah komponen dari penggerak dan juga penunjang keselamatan seorang pengendara.

Dua komponen ini sangat mutlak adanya harus kamu rutin periksa fungsinya supaya menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Supaya mobil kesayangan kamu tetap sehat dan fit, sebaiknya kamu mencatat jadwal khusus untuk service mobil di kalender. Kita bahas yuk kenapasih Pentingnya Service Sparepart honda.

1. Memastikan Komponen Sparepart Berfungsi

Sering sekali  mobil mengalami kejadi kecelekaan  akibat dari keteledoran ataupun juga kelalaian dari pengendara itu sendiri. Contohnya, rem blog yang disebabkan lupa dalam mengganti kampas rem dan lupa untuk memeriksa minyak rem.

Servis secara rutin dapat membuat kita semua terhindar dari malapetaka. Komponen utama dari kendaraan tentu akan berfungsi dengan baik dan benar oleh perawatan secara rutin.

Kamu bisa mulai menservice sparepart mobil setiap 5.000 kilometer hingga  10.000 kilometer bisa juga setiap 6 bulan dalam satu kali kalau kendaraan kamu hanya sesekali saja dipakai dalam satu minggu, misalnya ketika akhir pekan saja.

2. Ganti Sparepart Penting

Setiap sparepart mobil punya masa pakai atau usia pakai. Contohnya seperti kampas rem dan juga kampas kopling.

Pentingnya Service Sparepart. Salah satu komponen dari sparepart yang wajib diperhatikan ialah v-belt. Usia daripada komponen-komponen ini tentu juga tidak dapat lagi  ditawar  sebab menyangkut dari keselamatan  pengemudi juga penumpang.

Hal ini tentu berbeda dengan banyaknya komponen menyangkut kenyamanan lainnya, seperti halnya AC mobil masih dapat ditunda kalau harus dilakukan perawatan dengan bersamaan. Tapi tentu kita harus bisa tahan panas kalau AC sedang tidak berfungsi.

Baca juga: Step Ganti Sparepart Aki Mobil Mandiri

3. Usia pakai lebih lama

Kalau mengacu ke pemakaian kendaraan  perusahaan, mobilnya  rata-rata memiliki  usia 4 hingga tahun. Setelah itu, tentu mobil perlu peremajaan.

Hal ini berbeda dengan mobil pribadi. Usia mobil dapat bertahan lebih lama, bahkan ada yang dapat digunakan hingga 10 tahun..

4. Supaya mesin awet

Pentingnya Service Sparepart. Resep rahasia agar  mesin selalu enak dan nyaman untuk digunakan ialah dengan menservice mobil berkala. Perawatan dengan rutin juga tentu bisa meningkatkan nilai tawar dari mobil pada saat mau ganti kendaraan.

Kebanyakan dari diler mobil bekas bisa menaksir mobil yang mempunyai catatan perawatan rutin juga lengkap dengan sebuah harga yang lebih tinggi. Apalagi perawatan ini tentunya dilakukan pada bengkel resmi. Harganya dapat jauh lebih tinggi kalau dibanding dengan mobil bekas dengan perawatan  seadanya.

Jadi, keamanannya akan serba komplet luar dan juga dalam ketika kamu melakukan perawatan secara rutin, sekalipun hanya sebuah mobil bekas. Jangan malas-malas dan pelit dalam merawat mobil kesayangan kamu ya,  pilih bengkel terpercaya atau resmi dalam menservice mobil kesayangan kamu demi kenyamanan kamu loh dan tentunya keamanan ketika berkendara.

Terimakasih karena kamu sudah menyimak artikel pentingnya service sparepart ini sampai habis, semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kamu, sampai jumpa di informasi-informasi berikutnya!