3 Tips Mudah Memilih Kampas Rem Aftermarket Berkualitas untuk Mobil

Share to

4 Efek Buruk Menggunakan Kampas Rem Palsu Untuk Mobil

Daftar Isi

Peran kampas rem

Spare part mobil penting yang harus selalu dicek kondisinya adalah kampas rem. Pengecekannya meliputi kampas rem depan dan kampas rem belakang mobil. Dengan begitu, kamu bisa merasa aman saat berkendara kemanapun kamu pergi, baik itu ke kantor, mengantar anak ke sekolah, atau bepergian jauh untuk liburan keluar kota.

Kalau kamu suka bepergian, ketika mobil sudah menempuh jarak yang sangat jauh, biasanya kampas rem akan aus atau habis. Jangan biarkan kondisi ini terus berlarut ya. Karena bila kampas rem habis dan tidak diganti, mobil yang kamu kendarai tidak bisa melakukan pengereman sehingga membahayakan pengemudi.

Selain kamu bisa membeli produk spare part yang original, ada pilihan spare part kampas rem lain yang bisa kamu pilih. Apa itu? Kamu bisa memilih kampas rem mobil aftermarket.

Jenis spare part kampas rem aftermarket ini agak berbeda dibanding kampas rem standar, produk aftermarket menjanjikan performa pengereman yang lebih baik karena didukung oleh material bahan dasar yang lebih berkualitas.

Dalam artikel ini, kami ingin memberikan informasi kepada pembaca bagaimana sih caranya memilih kampas rem berkualitas untuk mobil agar performa braking atau pengeremannya bisa nyaman. Penasaran? Yuk disimak ulasannya.

3 Tips Mudah Memilih Kampas Rem Aftermarket Berkualitas untuk Mobil

Untuk memilih spare part kampas rem yang tepat, kamu perlu informasi yang tepat. Maka dari itu, dengan membaca artikel ini, harapannya, kamu bisa tahu spesifikasi kampas rem aftermarket terbaik. Setidaknya, ada 3 tips yang bisa kamu jadikan panduan, berikut ulasannya;

1. Pilih Material Keramik, Karbon, dan Kevlar untuk Kampas Rem Aftermarket

Biasanya, orang-orang membeli produk spare part aftermarket karena ingin mendapatkan performa rem yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, demi mendapatkan produk ideal sesuai kriteria yang kamu inginkan. Pemilihan bahan material yang tepat saat memilih kampas rem merupakan pertimbangan rasional yang harus kamu perhatikan.

Untuk hasil performa pengereman yang baik, kami sarankan kamu untuk memilih kampas rem aftermarket yang menggunakan material keramik dan karbon. Selain dua pilihan kampas rem berbahan keramik dan karbon, kamu juga bisa memilih kampas rem berbahan dasar Kevlar sehingga performa pengereman menjadi meningkat cukup signifikan disbanding performa kampas rem standar pada umumnya.

Hanya saja, untuk mendapatkan kampas rem aftermarket berkualitas ini, kamu harus mengeluarkan uang cukup mahal tapi sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Mobil jadi punya performa pengereman yang sangat baik.

2. Jangan Gunakan Kampas Rem Kompetisi Yang Suhunya Tinggi

Bagian kedua, tips yang bisa kamu pertimbangkan adalah memilih kampas rem yang memiliki suhu optimal dan standar sehingga tidak menurunkan performa pengereman. Sangat tidak disarankan untuk memilih spare part kampas rem kompetisi karena kampas rem jenis ini memiliki suhu yang tinggi berkisar 100-500 derajat celcius.

Bila suhu tidak mencapai angka minimum, maka kampas rem tidak bisa beroperasi dengan baik sehingga pengendara mobil bisa dibuat kaget karena performa rem menurun dan bisa membahayakan nyawa pengemudi dijalan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memilih kampas rem aftermarket bertipe kompetisi.

3. Pilih Kampas Rem Aftermarket Yang Memiliki Standar Koefisien Gesek Yang Baku

Tips terakhir sekaligus penutup artikel, sangat disarankan kepada para pemilik mobil yang ingin membeli spare part kampas rem aftermarket untuk memilih tipe yang memiliki kemampuan koefisien gesek standar yang telah ditetapkan. Datanya bisa diakses dibawah ini;

E = 0,25 - 0,35,
F = 0,35 - 0,45
G = 0,45 - 0,55
H > 0,55

Rata-rata mobil menggunakan tipe FF, dimana F pada kondisi dingin, F satu lagi pada kondisi panas. Semakin besar koefisiensi gesek kampas rem, maka kemampuan pengereman semakin baik.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments